Venue Menembak Indoor Papua Terapkan Keamanan Super Ketat

Venue Menembak Indoor. (Foto: Vidi/SP)
Venue Menembak Indoor. (Foto: Vidi/SP)

JAYAPURA | Venue cabang olahraga Menembak Indoor yang akan digunakan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 berlokasi di kompleks olahraga Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua saat ini sudah memasuki progress pembangunan 91 persen.

Venue yang dibangun menggunakan anggaran APBD Provinsi Papua senilai Rp123 miliar ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan venue serupa di daerah lainnya. Hanya saja, venue tersebut memiliki beberapa keunggulan di antaranya, venue Menembak Indoor Papua ini menerapkan regulasi keamanan super ketat, misalnya di arena menembaknya dan juga pada gudang penyimpanan senjata dan peluru menggunakan jeruji mirip sel penjara.

“Penyimpanan gudang senjata dan peluru kita pisahkan, bahkan dilengkapi dengan seperti jeruji sel, karena safety keamanan sangat penting berdasarkan regulasi dari technical delegate Perbakin Indonesia,” jelas Manajer Proyek PT Nindya Karya Dian Ananta Tomazya yang ikut mendampingi Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa, Kamis siang (06/08/20).

Kata dia, venue tersebut bahkan sudah memiliki standar kejuaraan dunia yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, dimana Venue Menembak Indoor terdapat area fungsi yang meliputi running target 50 meter, 25 meter, dan 10 meter. Termasuk finall hall, gedung pengelola dan asrama berkapasitas 50 kamar, 800 kursi penonton, serta 200 lux lampu secara keseluruhan venue.

“Safety untuk tembak 50 meter ini di belakang ada lapisan dinding, dan konstruksi baja. Setelah double plat tersusun sesuai standar. Nanti ada kayu sepanjang 60 cm setelah itu ada sasaran juga pengaman. Jadi memang tingkat keamanannya sangat diperhatikan karena belajar dari pengalaman,” katanya.

Sementara itu Kadisorda Papua Alexander Kapisa mengakui proses pengerjaan venue tersebut berawal dari Desember 2019 lalu, dimana venue menembak indoor merupakan venue yang sangat spesifik dan detail pembangunannya.
Terutama keamanan super ketat berdasarkan rekomendari dari Teknikal Delegate Persatuan Menembak Indonesia, bahkan pengamanan tiap tembok menembak memiliki 7 lapisan baja.

IKLAN-TENGAH-berita

Selain itu, untuk pengadaan peralatan akan ditangani oleh TD Perbakin, sehingga pembangunan venue menembak indoor dipastikan akan rampung September tahun ini sesuai dengan target kontrak kerja.

“Tantangannya cukup banyak, sangat spesifik karena setiap perubahan bangunan ini harus ada rekomendasi Perbakin. Paling detail sekali, safety paling tinggi dari semua venue yang di ikuti administrasi. Membangun venue tidak seperti membangun bangunan biasa,” tutupnya.

 

Reporter: Vidi
Editor: Misba Latuap

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar