Venue PON XX Kluster Mimika Capai 70 Persen

Venue Billiar di Kabupaten Mimika
Venue Billiar di Kabupaten Mimika

JAYAPURA | Kesiapan kluster Mimika yang menjadi salah satu daerah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua semakin baik.

Dimana kesiapan penyelenggara dan progress venue diperkirakan telah mencapai 70 persen lebih.

Hanya saja yang menjadi perhatian, peralatan dan fasilitas pendukung pertandingan untuk venue harus segera dilengkapi, termasuk penataan kawasan tiap venue PON.

“Tinggal dilengkapi peralatan dan kekurangan lainnya karena sudah disiapkan PB PON dari bidang peralatan dan arena itu ada venue atletik, basket, futsal dan hand ball. Dan yang masih penambahan fasilitas itu ada aeromodeling, terbang layang dan billiar. Itu harus dilengkapi lagi sebelum tes event. Terus yang sama sekali belum ada itu terbang layang, tapi kalau fasilitas pendukungnya itu sudah siap seperti hanggar dan gudangnya sudah siap,” ungkap Sekretaris Umum Sub PB PON Kluster Mimika Cesar Tunya kepada awak media di Jayapura, Rabu (17/02/2021).

Selain itu untuk venue yang dibangun PT. Freeport Indonesia tinggal menunggu proses hibah kepada Pemerintah Provinsi Papua yang kemudian dihibahkan lagi ke Pemda Kabupaten Mimika.

“Kalau panjat tebing, biliar, aeromodeling itu APBD Mimika. Kalau basket dan atletik itu hibah dari Freeport, tapi saat ini belum dilakukan hibah karena masih menunggu waktu dari Gubernur untuk menerima fasilitas itu. Sudah koordinasikan dengan Freeport agar secepatnya di komunikasikan dan dihibahkan ke Pemkab Mimika,” katanya.

IKLAN-TENGAH-berita

Setelah keseluruhan venue telah siap, pihaknya akan berkoordinasi dengan PB PON dan pihak terkait untuk menggelar test event.

“Semua cabor harus test event, jadi nanti akan cek anggaran itu lagi apakah ada di PB atau di Kementerian atau di Disorda Provinsi karena beberapa cabor sudah direkomendasikan untuk test event. Kita lihat seperti apa, intinya Mimika sudah siap tapi dilakukan setelah peralatan sudah lengkap dan proses hibah selesai,” pungkasnya.

 

Reporter: Vidi
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar