Viral Anggota TNI Hingga Kapolres Pergoki Mobil Bawa Drum Antre BBM di Nabire

Capture video seorang pria membawa drum di salah satu SPBU di Nabire
Capture video seorang pria membawa drum di salah satu SPBU di Nabire

TIMIKA | Rekaman video seorang pria viral tengah memergoki sejumlah kendaraan membawa jerigen hingga drum dalam antrean pengisian BBM di salah satu SPBU di Nabire, Papua Tengah.

Pria tersebut belakangan diketahui merupakan anggota TNI, memeriksa setiap mobil yang sedang mengantre. Ia lalu membuang jerigen hingga drum BBM dari dalam mobil tersebut.

Pada rekaman terpisah, Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya, memberikan penjelasan sembari mengingatkan pihak SPBU agar tidak melayani jerigen atau kendaraan tangki modifikasi.

“Tolong jangan dilayani yang seperti ini (membawa drum dan jerigen). Kalau ada kendala, lapor di nomor HP tadi (kontak Polres Nabire),” kata Suarnaya.

Ia juga mengingatkan SPBU berhenti melayani oknum penimbun BBM yang menyusahkan masyarakat bila terjadi kelangkaan, kemudian BBM yang ditimbun dijual dengan harga mahal.

“Kasihan masyarakat. Jadi harus komitmen dari sini (SPBU) jangan dilayani, kalau masih dilayani, mereka (membawa jerigen) akan datang terus. Kalau masih dilayani lagi, kami berpikir ada apa SPBU dengan orang-orang itu,” ujar Suarnaya.

Area Manager Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Papua Maluku, Edy Mangun, mengatakan praktek semacam ini sebetulnya sudah masuk ke ranah pidana.

“Karena selama ini mereka menggunakan BBM subsidi tidak sesuai dengan tujuan. Kalau kita bicara undang-undang, itu sudah pidana,” kata Edy ketika dikonfirmasi Seputarpapua dari Timika, Rabu (31/8/2022).

Kendati demikian, menurut Edy, tidak bisa langsung memvonis SPBU sebagai pihak paling bertanggungjawab dalam praktek penyalahgunaan BBM subsidi tersebut.

“Kalau sudah diusut, polisi nanti akan mengungkap. Apakah SPBU atau oknum petugas SPBU terlibat atau tidak. Kalau terlibat, sanksinya jelas. Kita tunggu sejauh mana keterlibatan SPBU,” kata Edy.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Sevianto Pakiding

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.