Wabup Merauke hingga Warga Antusias Donor Darah di Bakti Kesehatan TNI AL

Wakil Bupati Merauke H. Riduwan saat mendonorkan darahnya
Wakil Bupati Merauke H. Riduwan saat mendonorkan darahnya

MERAUKE | Wakil Bupati Merauke, H Riduwan bersama sejumlah pejabat, prajurit TNI dan anggota Polri hingga warga menyumbangkan darahnya dalam kegiatan bakti kesehatan yang dilaksanakan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI di Kabupaten Merauke, Papua Selatan pada Selasa (6/9/2022).

Kegiatan bakti kesehatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-77 TNI Angkatan Laut pada 10 September 2022.

Di Merauke, bakti kesehatan berlangsung di atas Kapal patroli Angkatan Laut (KAL) Mulga, Pondok Nelayan di Satrol Lantamal XI dan di Rumah Sakit AL setempat.

Sekitar 500 orang, baik warga, prajurit TNI dan anggota Polri, aparatur sipil negara serta pejabat berpartisipasi dalam bakti kesehatan tersebut.

Komandan Lantamal XI Merauke, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Gatot Mardiyono menyatakan kegiatan bakti kesehatan yang digelar itu meliputi donor darah, khitanan, dan pembersihan karang gigi.

Karena cukup tingginya antusiasme warga, Lantamal XI melaksanakan kegiatan tersebut di dua tempat, yakni di Dermaga Satrol (pondok Nelayan dan KAL Mulga) dan di RSAL.

“Kegiatan bakti kesehatan ini diselenggarakan serempak dari Sabang hingga Merauke. Di Merauke untuk donor darah yang mendaftar dan sudah dilaksanakan sebanyak 200 orang. Kami lihat minat yang mendonor juga bertambah, ada dari ASN, anggota TNI Polri dan warga datang lagi untuk nendaftar,” kata Gatot.

“Terus yang khitan yang terdaftar 150 orang, sekarang sedang dilaksanakan. Sementara di RSAL sudah dilaksanakan pembersihan karang gigi, yang mendaftar 100 orang,” sambungnya.

Gatot menerangkan bahwa kegiatan bakti kesehatan tersebut melibatkan warga karena tujuannya tidak lain untuk membantu masyarakat dari aspek kesehatan. Hal ini juga sebagaimana instruksi Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono yang memerintahkan di mana pun TNI AL berasa harus dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Pelibatan masyarakat dalam kegiatan TNI AL bukan baru pertama kali, tapi sudah kesekian kali. Tidak lain tujuannya untuk membantu masyarakat di mana TNI AL berada. Dan ini sesuai perintah Kepala Staf TNI AL. Untuk kali ini  lebih spesial karena dilaksanakan serempak dari Sabang sampai Merauke,” tuturnya.

Brigjen Gatot menambahkan, selain bakti kesehatan Lantamal XI Merauke juga akan melaksanakan kegiatan bakti lingkungan dengan membersihkan sampah di pesisir Pantai Lampu Satu, melaksanakan kegiatan jalan santai sepanjang 7,7 kilometer, dan aksi mengambang di permukaan air oleh personil TNI AL.

“Untuk jalan santai sepanjang 7,7 kilometer sesuai dengan ulang tahun ke 77. Sementara untuk aksi mengambang di air itu akan memecahkan rekor MURI, terbanyak karena akan melibatkan personil dari Sabang hingga Merauke,” tutupnya.

Sementara Wakil Bupati Merauke, H Riduwan mengatakan bahwa mendonorkan darah  sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Namun yang terutama akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kita semua terlibat, karena setetes darah akan sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkannya. Selain itu juga sangat baik untuk kesehatan,” kata Riduwan.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.