Wabup Mimika: Data Akurat Dibutuhkan untuk Mendukung Pembangunan

SEMINAR | Kepala Disdukcapil Mimika Slamet Sutejo memberikan materi dalam seminar membangun sinergitas mewujudkan data kependudukan yang akurat dan multiguna. (Foto: Anya Fatma/SP)
SEMINAR | Kepala Disdukcapil Mimika Slamet Sutejo memberikan materi dalam seminar membangun sinergitas mewujudkan data kependudukan yang akurat dan multiguna. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika mengadakan seminar membangun sinergitas mewujudkan data kependudukan yang akurat dan multiguna.

Seminar yang dilaksanakan di Hotel Grand Mozza Timika, Selasa (6/20) ini diikuti oleh perwakilan OPD di lingkup Pemkab Mimika, dengan menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik, Dinas Sosial dan Kepala Disdukcapil.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, masalah utama dalam setiap pengambilan kebijakan berawal dari kurang akuratnya data.

Data kependudukan yang valid dan akurat sangat diperlukan untuk mendukung proses perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembangunan, agar segala kebijakan pemerintah dapat tepat sasaran dan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat secara khusus terkait data orang asli Papua.

“Untuk itu diperlukan sinergitas dari setiap stakeholder untuk sama-sama berkolaborasi mewujudkan data kependudukan yang valid akurat dan multiguna baik dari Badan Pusat statistik, Dukcapil Mimika, Dinas Sosial dan Distrik serta Kelurahan dan kampung se Kabupaten Mimika,” kata John saat membuka seminar tersebut.

Menurutnya, seminar ini merupakan langkah awal yang positif untuk membangun sinergitas tersebut.

IKLAN-TENGAH-berita

Data Kependudukan di Mimika

John juga mengungkapkan jumlah penduduk di Kabupaten Mimika berdasarkan data yang dirilis Direktorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Per semester 1 tahun 2020, jumlah penduduk di Mimika 311.211 jiwa terdiri dari laki-laki 167.661 dan perempuan 143.450 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 89.620.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar