seputarpapua.com

Wagub Papua Harap Kabupaten Jayapura Proaktif Siapkan Pangan Lokal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal

JAYAPURA | Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal meminta Kabupaten Jayapura lebih proaktif menyiapkan ketahanan pangan lokal dalam situasi pandemi Covid-19 mengingat banyak lahan pertanian yang potensial di daerah itu.

“Kabupaten Jayapura harus menjadi penyuplai pangan lokal untuk menopang pemerintah provinsi dan kota dalam situasi sekarang ini, maka dari itu kelebihan-kelebihan ini yang harus kita kapitalisasikan untuk menjadi suatu kekuatan,” terang Klemen kepada wartawan, Minggu (17/5).

Klemen memastikan pemerintah akan membeli pangan lokal yang dijual oleh mama-mama dan disalurkan bersama dengan pemberian bantuan sembako kepada masyarakat.

“Yang kita beli itu seperti singkong, keladi, pisang, sagu dan lainnya dengan harga yang sudah ditentukan oleh mama-mama Papua, karena kita ketahui bersama bahwa wabah virus corona ini sangat berdampak bagi ekonomi mereka,” pungkasnya

Di waktu yang sama, Bupati Jayapura, Matius Awaitauw menyatakan pemerintah provinsi membeli sembako dari hasil petani Papua sendiri.

“Kita memiliki lahan pertanian padi di Nimbongkran, Yapsi, Namblo, mungkin sebagian besar bisa disiapkan oleh petani kami dan sisanya bisa dorong dengan ubi-ubian, keladi, sayur dan lainnya,” ujar Bupati.

Menurutnya ketahanan pangan lokal sementara disiapkan oleh Pemkab Jayapura “Tentu saja kami tahu bahwa pasti akan ada kekurangan. Akan tetapi kami berharap agar Dinas Perindustrian dan Sosial dapat membantu,” tutup Bupati

 

Reporter: Berti
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga