Wakil Bupati Asmat Paparkan 5 Visi Pembangunan di Sidang DPRD

SERAHKAN | Wabup Asmat Thomas E. Safanpo menyerahkan dokomen kepada Wakil Ketua II DPRD Asmat Jasman Tumpu. (Foto: Fagi/ Seputarpapua)
SERAHKAN | Wabup Asmat Thomas E. Safanpo menyerahkan dokomen kepada Wakil Ketua II DPRD Asmat Jasman Tumpu. (Foto: Fagi/ Seputarpapua)

ASMAT | Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo mempaparkan lima misi pembangunan di kabupaten dengan julukan kota di atas lumpur pada Sidang Paripurna Kedua DPRD Asmat, di Gedung DPRD, Jumat (25/9/21).

Sidang dipimpin Ketua DPRD Asmat Yoel Mangoprou didamping Wakil Ketua I Silvester S. Biakai dan Wakil Ketua II Jasman Tumpu, serta dihadiri segenap anggota DPRD dan Forkopimda Asmat.

Adapun agenda sidang membahas rancangan peraturan daerah Kabupaten Asmat tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) tahun 2021-2025, dan rancangan peraturan daerah tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Wabup Asmat mengatakan, visi yang dijabarkan ke dalam lima prioritas pembangunan daerah, pertama meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar yang merata diseluruh wilayah Kabupaten Asmat.

Kedua, meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat asli Papua.

Ketiga, meningkatkan kehidupan sosial yang aman sesuai nilai-nilai budaya Kabupaten Asmat.

Keempat, membangun Kabupaten Asmat melalui kerja sama investasi pusat, daerah dan swasta sesuai potensi daerah.

Kelima, mewujudkan tata kelola pemerintahan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas SDM aparatur negara.

“Fokus pembangunan tahun 2021 yang telah berjalan adalah pemberantasan kemiskinan, peningkatan SDM di bidang pendidikan, peningkatan kesehatan masyarakat dan penguatan infrastruktur dasar di pelosok Asmat,” ujarnya.

Misi besar yang dijabarkan Wabup tersebut akan terus berjalan dalam kepemimpinannya bersama Bupati Asmat Elisa Kambu.

“Saya dan Bupati Asmat Elisa Kambu akan terus bergerak membangun tanah ini sesuai visi misi besar kami dalam lima tahun ke depan,” ucapnya.

Segala upaya yang dilaksanakan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat, dikatakanya, akan berjalan dan akan dituangkan di dalam RPJMD 2021-2025.

“Kita fokus ke program kerakyatan sesuai kebutuhan masyarakat di 223 kampung di Asmat,” ujarnya.

Setiap kampung di Asmat berbeda situasi dan geografisnya, maka kata Wabup, harus disesuaikan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat setempat.

Dia berharap dukungan dari semua elemen untuk membantu Pemkab Asmat menyukseskan pembangunan di tanah Asmat tercinta.

Tanggapi Berita ini
reporter : Faqi Difinubun
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.