seputarpapua.com

Wakil Ketua Pansus Otsus Papua: Ada Usulan Dana Otsus Dibagi Langsung ke OAP

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Dana Otsus Papua Tidak Sebanding dengan Anggaran Pusat ke DKI

TIMIKA | Anggota Komisi I DPR RI, Yan Permenas Mandenas yang juga Wakil Ketua tim Pansus RUU Otsus Papua mengatakan, kunjungan kerjanya ke Kabupaten Mimika untuk menyerap aspirasi masyarakat dan kepala daerah di Papua terkait pelaksanaan Otsus.

Sejumlah masukan dari masyarakat dan kepala daerah telah menjadi catatan untuk dibahas ditingkat pusat.

Salah satunya terkait dengan Dana Otsus. Dimana masyarakat meminta dana tersebut dapat diberikan langsung ke Kepala Keluarga (KK) Orang Asli Papua (OAP) setiap bulan untuk membiayai hidup, maupun kebutuhan lainnya.

“Saya pikir malah lebih bagus, dari pada bansos di kemensos yang arahnya tidak jelas. Banyak masyarakat yang tidak dapat karena bansos ini turun ke kelompok tertentu. Tapi kalau kita bisa mendistribusikan bantuan tunai dana otsus ini setiap bulan per KK sebagai dana pemberdayaan Orang Asli Papua (OAP) justru lebih baik. Judulnya itu, kita kasih masyarakat pasti akan sejahtera,” Kata Yan kepada awak media di Timika, Papua, Selasa (4/5/2021).

Ia mengumpamakan dana 1 Triliun lalu dibagi misalnya 1,7 juta OAP di Papua.

“Saya pikir bagi saja itu kalau satu KK kita kasih 10 juta berarti rata – rata dapat berapa, atau satu KK kita kasih 5 juta. Tarolah 5 Triliun habis, masih tersisa sekitar 5 Triliun lagi kita masih bisa kelola, masih bisa dapat yang lain,” ucapnya.

“Jadi masyarakat kita tau kita buat fasilitas mereka sekolah, mereka punya uang untuk biayai, uang itu yah dari pemerintah,” lanjutnya.

Dengan demikian, dirinya berpikir perkembangan ekonomi pun akan berkembang, masyarakat juga akan memanfaatkan dengan baik, bercocok tanam apa lagi dengan potensi yang ada yang bisa kelola.

“Tentunya tidak semua akan berhasil tapi secara bertahap, pasti akan mengalami perubahan. Perubahan itu datang dari masyarakat asli papua. Yang memang menjadi target sasaran dari pembangunan Otsus. Karena tujuan otsus adalah mensejahterakan masyarakat Papua,” ujarnya.

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga