Warga Antusias Ikut Vaksin, Dinkes Mimika Buat Aplikasi Daftar Online

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua Reynold Ubra (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua Reynold Ubra (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua, Reynold Ubra mengatakan antusias warga Mimika sangat tinggi untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19.

Hal ini terlihat dari membludaknya warga saat dibukanya vaksinasi massal dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-75 tahun 2021.

Reynold mengatakan, dengan antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, pihaknya ingin memperbaiki system pelayanan vaksinasi agar tidak terjadi kerumunan.

“Kami sekarang bekerjasama dengan teman – teman IT untuk mendesign regristasi diri dan screening secara online, kami coba merancang sistem ini, mudah-mudahan dalam satu dua hari ini bisa dipakai,” ujarnya.

Ia menuturkan dalam aplikasi ini, masyarakat nantinya akan dimudahkan. Mulai dari pendaftaran hingga memilih tempat layanan kesehatan untuk vaksinasi. Aplikasi ini kemudian akan memberitahukan jadwal vaksinasi untuk calon penerima vaksin.

“Ini bentuk apresiasi kami kepada masyarakat yang telah begitu antusias mengikuti vaksinasi Covid-19,” kata Reynold.

Dijelaskan, dinas kesehatan menargetkan vaksinasi Covid-19 minimal mencapai 1.200 dosis perhatian.

“Jadi strateginya selain di tempat layanan kesehatan, bisa juga akan dibuka di tempat publik seperti mal, pusat perbelanjaan dan lainnya. Yang kami kejar adalah vaksin pertama. Karena vaksin pertama itu akan memberikan efek perlindungan supaya orang tidak sakit dan tidak meninggal serta bisa meringankan gejala,” ungkap Reynold.

Terkait dengan distribusi Vaksin, Reynold mengatakan sampai saat ini masih lancar.

“Sampai saat ini distribusi vaksin masih aman. Harapannya dengan adanya aplikasi ini tentu dapat memudahkan masyarakat yang ingin disuntikan vaksin sehingga mengurangi kerumunan,”. Tutupnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.