Warga Antusias Sambut Kedatangan Pj Bupati Mappi Michael Gomar

Warga sangat antusias menyambut kedatangan Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar dan Istri Stefanie Gabriella Gomar, di Kabupaten Mappi, Papua, Kamis (9/6/2022). (Foto: Aditra)
Warga sangat antusias menyambut kedatangan Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar dan Istri Stefanie Gabriella Gomar, di Kabupaten Mappi, Papua, Kamis (9/6/2022). (Foto: Aditra)

MAPPI | Masyarakat begitu antusias menyambut kedatangan Penjabat Bupati Michael R. Gomar dan Istri Stefanie Gabriella Gomar, di Kabupaten Mappi, Papua, Kamis (9/6/2022).

Tarian adat pun mewarnai penyambutan di Bandara Kepi sejak Pj Bupati turun dari pesawat hingga ke ruang VIP Bandara.

Kehadiran Pj Bupati disambut Plt Sekda Mappi, Wakil Ketua I DPRD, Kapolres, Perwira Penghubungan Kodim Merauke, Pimpinan OPD, tokoh adat, tokoh agama, dan organisasi masyarakat lainnnya.

Pj Bupati bahkan terlihat langsung menggendong seorang anak yang menggunakan atribut adat.

Selain masyarakat asli Mappi, masyarakat suku lainnya ikut menyambut orang nomor satu di Kabupaten Mappi, hingga terlihat nuansa Nusantara.

“Kami masyarakat Mappi dari 162 kampung di 15 distrik menerima bapak dan keluarga disini,” ujar seorang tokoh adat.

Setelah dari Bandara, dilanjutkan ke rumah adat. Masyarakat yang menyambut Pj Bupati ikut mengiringi dengan menggunakan ratusan kendaraan roda dua dan roda empat.

Dari rumah adat dilanjutkan ke GOR untuk acara ramah tamah antara Pj Bupati Mappi bersama ASN, TNI, Polri dan Masyarakat.

 

Warga sangat antusias menyambut kedatangan Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar dan Istri Stefanie Gabriella Gomar, di Kabupaten Mappi, Papua, Kamis (9/6/2022). (Foto: Aditra)

 

Di GOR, ribuan masyarakat sudah menanti kedatangan Pj Bupati dan istri yang berjalan kaki dari ujung jalan masuk GOR. Terlihat tiga rombongan tarian adat penyambutan disajikan secara bergantian.

Acara ramah tamah juga dihadari mantan Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu dan mantan Wakil Bupati Jaya Ibnu Suud.

Ketua Dewan Adat Yakuat Mappi Valentinus Kamakaimu mengatakan, warga sangat antusias menyambut kehadiran Pj Bupati Mappi karena mereka tidak menginginkan terjadinya kekosongan pimpinan di Mappi.

Dia berharap, Pj Bupati dapat menjalankan sistem di pemerintahan dan tugas dengan baik, sehingga Mappi bisa lebih maju lagi sesuai harapan masyarakat dan ASN.

“Mungkin tidak semua aspirasi masyarakat dari 15 disrtrik bisa terjawab. Tapi itulah aspirasi dari akar rumput,” kata Valentinus dalam sambutannya.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada mantan bupati dan wakil bupati yang sudah 5 tahun bertugas,” tambah Valentinus.

Kapolres Mappi AKBP Damianus Dedy Susanto mengatakan semoga dengan kehadiran Pj Bupati menjadi terang bagi masyarakat, sehingga akan menciptakan keamanan dan ketertiban nantinya.

“Sinergitas yang tumbuh akan ada kepercayaan dan kekuatan untuk membangun Mappi,” kata AKBP Dedy dalam sambutannya.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan agar tetap kondusif, demi kemajuan pembangunan.

“Jika kondusif semua program bisa berjalan baik. Mari masyarakat dukung program Pj Bupati, sehingga Mappi semakin maju,” ujar AKBP Dedy.

Wakil Ketua I Ketua DPRD Marandus Situmorang mengatakan, sebagai mitra pemerintah, maka diharapkan kepada Pj Bupati untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kerja dan komunikasi, sehingga pembangunan dapat berjalan baik juga.

“Kami tugas di DPRD ada banyak kekurangan dan kekhilafan, tapi kemudian dikesempatan ini saya mengajak bisa bahu membahu melangkah terus kedepan,” kata Marandus dalam sambutannya.

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah menyambut kehadiran dirinya bersama istri.

“Saya ucapkan terima kasih untuk semua pihak, karena sebagai anak Papua saya mendapat kepercayaan dari Negara bisa bertugas dan membangun Mappi,” kata Gomar.

Menurut Gomar, dirinya akan melanjutkan tugas dan program bupati sebelumnya sesuai dengan visi misi.

Baginya, program yang sudah berhasil dan belum berhasil sebagai manusia membutuhkan waktu, sehingga diharapkan semua pihak bisa berkolaborasi serta begandeng tangan untuk bersama-sama membangun Mappi.

“Ini tanggungjawab kita bersama. Kami mohon dukungan DPRD bisa bersinergi  demi kebutuhan masyarakat,” kata Gomar.

Dikatakan Gomar, ada beberapa program kerja priotitas yang harus diselesaikan sesuai dengan surat keputusan Mendagri untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Yaitu, melaksanakan tugas pemerintahan umum, menjaga kamtibmas, melaksanakan penataan reformasi birokrasi, dan juga mempersiapkan tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu, Pilpres, Pilkada Bupati dan Pilkada Gubernur tahun 2024.

Kemudian kata Gomar, beberapa tugas  secara khusus juga diberikan kewenangan untuk melakukan penataan reformasi birokrasi melalui rolling pejabat untuk beberapa jabatan strategis, dan juga jabatan-jabatan yang mungkin belum sesuai dengan pangkat dan golongan.

“kemudian juga melakukan perencanaan anggaran untuk APBD perubahan tahun 2022 dan APBD induk tahun 2023. Itu semua tugas tambahan kegiatan khusus ini yang harus ada persetujuan dari Kemendagri,” tutur Gomar.

Gomar menambahkan, dirinya akan membuka ruang dioag dan diskusi untuk mendapat saran masukan dari semua OPD, honorer dan masyarakat.

“Saya akan tidak banyak keluar, saya akan di Mappi. Saya akan keluar Mappi jika ada tugas dinas,” pungkas Gomar.

 

reporter : Aditra
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.