Warga Bilang Hoax, Dokter Sumule: Sahabat Saya Meninggal Karena Covid-19

dr. Silwanus Sumule
dr. Silwanus Sumule

TIMIKA | Infeksi Covid-19 di Kota Jayapura masih terus bertambah. Pada Rabu (1/7), bahkan terjadi penambahan 99 kasus terkonfirmasi positif di wilayah ibu kota Provinsi Papua itu.

Hingga kini di Kota Jayapura tercatat 997 kasus, dimana 678 masih dirawat, 308 sembuh, dan 11 meninggal dunia. Angka ini menunjukkan Kota Jayapura berkontribusi 54,7 persen dari total 1.823 kasus di Papua.

Celakanya, di tengah ancaman virus corona baru yang menyerang sistem pernapasan itu, warga justru cenderung malas tahu. Alih-alih mematuhi protokol kesehatan, sebagian warga malah menyebut Covid-19 adalah hoax.

Kondisi ini membuat Dokter Silwanus Sumule, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, hanya bisa menarik napas panjang ketika menyampaikan update perkembangan kasus pada Rabu malam.

“Apakah teman-teman harus menunggu satu petugas kesehatan meninggal baru percaya, dan sekarang bilang penyakit itu tidak ada,” tuturnya.

Ia mengajak masyarakat khususnya di Kota Jayapura untuk belajar dari Kota Surabaya, yang sempat dinyatakan sebagai zona hitam penyebaran virus corona. Infeksi terjadi secara masif, diikuti meningkatnya angka kematian.

“Saya punya seorang sahabat bahkan meninggal karena kasus Covid-19 ini,” kata Sumule yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua

Kisah Tenaga Kesehatan

Satgas Covid-19 Papua beberapa hari lalu kembali menyiapkan kamar hotel bagi sejumlah petugas medis. Mereka takut pulang ke rumah setelah berkontak dengan seorang pasien di ruang ICU, yang ternyata terkonfirmasi positif Covid-19.

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar