Warga Binaan Lapas Klas II b Timika Dapat Pelatihan Kemandirian

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Anthonius Mathius Ayorbaba, Assisten III Setda Mimika Anace Humbore, serta sejumlah Pimpinan OPD dan Forkopimda melihat hasil pembuatan roti oleh Warga Binaan Lapas Kelas II B Mimika. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Anthonius Mathius Ayorbaba, Assisten III Setda Mimika Anace Humbore, serta sejumlah Pimpinan OPD dan Forkopimda melihat hasil pembuatan roti oleh Warga Binaan Lapas Kelas II B Mimika. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau tahanan dan narapina di Lembaga Pemasyarakatan Klas II b Timikap mengikuti Pelatihan Kemandirian selama dua hari 19-20 Juni 2024 di Kompleks Lapas.

Plt Kepala Lapas Kelas II b Timika, Jimreves Engel Stender Muloke mengatakan, pelatihan kemandirian adalah latihan keterampilan meliputi budidaya ikan, pengelasan dan pembuatan roti serta kompos.

“Harapan kami, semoga dengan kegiatan ini para warga binaan setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan, mereka dapat mandiri dengan bekerja pada orang lain ataupun membuka usaha sendiri sehingga mereka dapat berguna di tengah masyarakat,” kata Kalapas dalam kegiatan pembukaan pelatihan kemandirian yang digelar di Lapas Klas II b Timika.

Dikatakan, pelatihan yang digelar bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Kelompok Masyarakat Peduli Kemasyarakatan (Pokmadikmas).

“Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan kemandirian terdiri dari pelatihan budidaya ikan lele 10 orang, latihan pengelasan (welder) 10 orang, latihan pembuatan roti 10 orang, pelatihan daur ulang sampah menjadi kompos 10 orang,” jelasnya.

Jimreves menyebut selain pelatihan kemandirian, bersamaan juga dilakukan pencanangan gerakan belajar melalui pendidikan kesetaraan paket A, B, dan C hasil kerja sama Lapas II b timika dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kasih Julius.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Anthonius Mathius Ayorbaba menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Mimika melalui OPDnya yang sudah sangat peduli dan mendukung giat pembinaan di Lapas Kelas II b Mimika.

“Menteri Hukum dan HAM sering menyampaikan, meskipun warga binaan berada di tempat yang terbatas kreatifitas (tapi,red) mereka tidak terbatas, kemarin saya sudah datang ke sini saya mengikuti demonstrasi 13 narapidana yang membuat produk roti di Lapas II b Timika,” ungkapnya.

Ia berharap seluruh undangan yang hadir mendapat roti buatan tangan para warga binaan Lapas Kelas II B.

Selanjutnya, Assisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika Anace Humbore yang hadir dikesempatan yang sama mewakili Plt Bupati Mimika Johannes Rettob mengapresiasi pelatihan kemandirian yang dilakukan Lapas Kelas II b Timika.

“Semoga nanti pelaksanaan pembinaan terhadap warga yang ada di sini dapat bermanfaat,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan