seputarpapua.com

Warga Empat Kampung di Mimika Banyak Menderita Kusta

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Ilustrasi

TIMIKA | Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mimika, Johannes Rettob mengatakan warga empat kampung Distrik Mimika Barat Jauh banyak yang menderita kusta.

“Sekarang kusta banyak terjadi di Mimika Barat Jauh yaitu di kampung Yapakopa, Aindua, Tapormai, Amar. Ini menjadi catatan kita dan menjadi prioritas pembangunan kesehatan di sana,” kata Wabup saat diwawancarai awak media di Hotel Grand Mozza, Kamis (17/12).

Bahkan kata Wabup bukan hanya di empat kampung, beberapa kampung di pesisir Mimika juga ada yang menderita kusta namun sebelumnya tidak terdeteksi.

“Makanya sekarang kita sudah tau dan sekarang akan lakukan pengobatan dan penanganan secara maksimal. Sesudah itu kita juga melakukan antisipasi sejak dini supaya masyarakat yang tidak terjangkit kusta tidak boleh tertular dan kemudian bisa dilakukan penanganan lebih baik.Ini wajib hukumnya untuk diperhatikan,”katanya.

John mengatakan, jika dipresentasikan secara keseluruhan angka penyakit kusta di Mimika secara umum masih sedikit. Namun untuk wilayah kampung di Mimika Barat Jauh, cukup banyak yakni 50 banding 50.

“Kalau kita biarkan bisa berakibat fatal,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra membenarkan banyak warga di Distrik Mimika Barat Jauh menderita kusta.

“Benar apa yang disampaikan (banyak menderita kusta,” kata Kadinkes saat dikonfirmasi Seputarpapua.com, Jumat (18/12).

 

Reporter: Kristin Rejang/Misba
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga