seputarpapua.com

Warga Ilaga Dengar Tembakan Hingga Helikopter Dibakar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

TIMIKA | Kelompok militan OPM yang mengklaim sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dikabarkan kembali melakukan aksi penembakan di Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak, Papua.

Warga setempat mengaku mendengar tembakan berulang di sekitar Bandara Aminggaru, Ilaga, Minggu (11/4/2021) malam. Satu unit helikopter yang sedang terparkir juga dibakar pada bagian depan.

Aparat berwenang belum mengonfirmasi serangan itu termasuk kasus pembakaran helikopter. Namun dari data yang dihimpun, heli dioperasikan oleh Unitrade Persada Nusantara di bawah AOC PT Ersa Eastern Aviation.

Tembakan dan aksi pembakaran helikopter di bandara Aminggaru membuat sejumlah warga sipil ketakutan dan terpaksa mengungsi untuk mencari tempat lebih aman.

Warga yang berada di dekat bandara atau kawasan pinggiran kota dilaporkan telah mengungsi ke pos-pos militer, kantor polisi, dan perkantoran yang berada di kota Ilaga.

“Ada pesawat dibakar di bandara. Sudah banyak juga (warga) yang mengungsi ke kota,” kara seorang warga Ilaga yang menolak disebut namanya demi keamanan.

Tidak hanya itu, gabungan beberapa Komando Daerah Pertahanan (Kodap) TPNPB disinyalir telah membentuk kekuatan dan menduduki titik-titik tertentu termasuk kawasan dekat Bandara Aminggaru.

Kelompok militan yang oleh pemerintah Indonesia disebut kelompok kriminal bersenjata atau KKB itu bergeser dari distrik Beoga usia menembak dua orang guru dan membakar gedung sekolah di sana.

Berita Terkait
Baca Juga