Warga Keppi Banjiri Pembukaan Pasar Malam

PASAR | Warga Kota Keppi di Pasar Malam yang dibuat menyongsong HUT Ke 77 RI. (Foto: Ist)
PASAR | Warga Kota Keppi di Pasar Malam yang dibuat menyongsong HUT Ke 77 RI. (Foto: Ist)

TIMIKA | Warga Kota Keppi, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan membanjiri pembukaan pasar malam yang dibuat dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

Pasar malam yang berlokasi di Halaman Kantor Distrik Obaa itu dibuka oleh Penjabat Sekda Mappi, Mauridsius Kabagaimu, (Selasa (9/8/2022).

Pasar malam ini akan dibuka selama satu minggu mulai tanggal 9 sampai 14 Agustus 2022 mendatang.

Mauridsius pada kesempatan itu mengajak semua masyarakat untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

Pasar malam ini dibuat dengan tujuan membangkitkan ekonomi masyarakat setelah dilanda pandemi.

“Sesuatu yang patut kita syukuri, karena kita ketahui bersama selama dua tahun aktivitas kita dibatasi oleh pandemi Covid-19. Namun dengan semangat menuju perubahan dan kemajuan, kita yakin dan percaya bahwa secara bersama kita dapat mewujudkan perubahan dan kemajuan untuk menjadi yang lebih baik,” ungkapnya.

Mauridsius menjelaskan, kegiatan pasar malam ini membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga meningkatkan rasa persaudaraan dan kesatuan sebagai manusia yang berbangsa dan bertanah air.

“Saya mengajak kita semua untuk tetap bergandengan tangan menuju Mappi bangkit,” ajaknya.

Pada malam ini menjadi momen untuk mengajak masyarakat di Mappi bangkit pasca pandemi yang terjadi selama dua tahun terakhir.

“Semua sektor harus kembali bangkit dari keterpurukan perekonomian dan bangkit untuk mewujudkan kesejahteraan di kabupaten Mappi,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan pasar malam ini kini jadi salah satu hiburan untuk masyarakat, selain itu juga membuka peluang untuk melalukan transaksi perekonomian khusus bagi mama-mama orang asli Papua.

“Karena stand jualan yang disiapkan oleh panitia itu lebih khusus untuk mama -mama Papua berjualan,” tuturnya.

Mauridsius menegaskan, keamanan dan kelancaran pada kegiatan ni bukan hanya menjadi tanggungjawab TNI dan Polri saja tetapi peran masyarakat untuk menjaga sangat penting.

Puncak dari seluruh rangkaian kegiatan pasar malam dan hiburan rakyat serta segala jenis perlombaan dan kegiatan lainnya adalah pada upacara HUT RI ke-77 tahun 2022, tepatnya di tanggal 17 Agustus 2022 nanti.

“Saya mengajak kita semua, agar dengan tema HUT RI ke-77 Tahun 2022 pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, tentu kita harus membuktikan bahwa Kabupaten Mappi bisa dan kuat, ” pungkasnya.

Di lokasi kegiatan pada Selasa malam tampak sejumlah mama-mama Papua menjajakan barang dagangan mereka di lapak yang telah disiapkan oleh Panitia. Di lapak tersebut mereka memasarkan makanan khas kabupaten Mappi serta oleh – oleh khas Papua.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.