Warga Puncak Tagih Janji Anggota DPR RI Komisi I dan PT Telkom Witel Papua

TINJAU | Bupati Puncak Papua Willem Wandik saat mendampingi rombongan anggota DPR RI Komisi I wilayah pemilihan Papua Yan P Mandenas, beserta rombongan ke Ilaga, Kabupaten Puncak Papua, Jumat (16/10).
TINJAU | Bupati Puncak Papua Willem Wandik saat mendampingi rombongan anggota DPR RI Komisi I wilayah pemilihan Papua Yan P Mandenas, beserta rombongan ke Ilaga, Kabupaten Puncak Papua, Jumat (16/10).

ILAGA | Masyarakat Kabupaten Puncak, Papua, menagih janji dari anggota DPR RI Komisi I Dapil Papua dari partai Gerindra Yan Mandenas maupun pihak PT. Telkom Witel Papua, yang menjaijikan akan menaikan kekuatan sinyal di Kabupaten Puncak.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua LMA Kabupaten Puncak Denilson Wonda di Ilaga, Selasa (17/11).

Menurut Denilson, hubungan telekominukasi saat ini sangat dibutuhkan oleh warga Puncak, apalagi dalam situasi seperti saat ini pendemi corona, sehingga segala proses komunikasi maupun proses pemerintahan menggunakan fasilitas internet, sementara kekuatan sinyal di Ilaga dan sekitaranya baru 5 MBps.

Artinya, untuk menelepon dari Ilaga ke luar saja sudah sangat susah, apalagi untuk mengirim pesan, kirim hari ini, sms sampai di tempat tujuan bisa keesokan harinya.

Sehingga dirinya berharap agar janji dari Komisi I DPR RI Yan Mandenas maupunm pihak PT. Telkom Witel Papua bisa direalisasikan.

Apalagi sudah satu bulan berlalu, namun sampai saat ini belum ada kegiatan di lapangan, padahal janji waktu itu akan ditambah sinyal sebelum natal yang tinggal satu bulan lagi.

“Kita dengar waktu kedatangan mereka ke Ilaga janjinya penambahan sinyal akan menjadi kado natal dan tahun baru bagi warga Puncak, namun sampai saat ini kami belum lihat ada tanda-tanda kerja di lapangan,” katanya.

“Penduduk di Ilaga makin bertambah,dampaknya adalah pemanfaatan handphone juga bertambah, sementara kekuatan sinyal di Ilaga sejauh ini masih tetap sejak pak Bupati pasang 2013 lalu sampai saat ini tidak ada penambahan kekuatan sinyal. Ini tentunya berpengaruh terhadap kekuatan sinyal ketika kita menelepon, apalagi mau manfaatkan internet,” tambahnya.

Kata Denilson, saat kunjungan Komisi I DPR RI Yan Mandenas maupun pihak PT. Telkom Witel Papua ke Ilaga beberapa waktu lalu pernah menjajikan akan menambah kekuatan sinyal Telkom di Ilaga menjadi 100 lebih MBps.

Hal ini membawa kegembiraan tersendiri bagi warga Puncak, karena mereka lama menantikan ada penambahan kekuatan sinyal di Ilaga.

Apalagi Ilaga adalah Ibu Kota Kabupaten Puncak, bahkan warga sudah percaya bahwa sinyal akan ditambah, ternyata sampai hari ini belum juga ada kegiatan di lapangan.

Untuk itu, dirinya mempertanyakan komitmen dari perusahaan telekomunikasi plat merah ini, dalam pelayanan untuk telekomunikasi di
wilayah terisolir seperti di Puncak.

“Jangan hanya pasang di wilayah yang dekat dengan perkotaan, harus mampu sampai ke daerah seperti Puncak. Kita di Ilaga saja kesulitasn untuk meneleon, apalagi di distrik-distriik yang lain di pinggir gunung dan lembah. Untuk itu kami berharap agar janji dari anggota Komisi I DPR RI dan PT. Telkom bisa direalisasikan untuk kepentingan rakyat di Ilaga,” ungkapnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Puncak Herman Ricky Siwi mengatakan pihaknya tetap melakukan komunikasi dengan pimpinan PT. Telkom Witel Papua, terkait dengan penambahan kekuatan sinyal di Ilaga.
Bahkan segala keperluan yang dibutuhkan oleh pihak PT. Telkom Witel Papua sudah dipenuhi, kini tinggal menanti rencana kerja pihak PT Telkom Witel Papua.

“Ya, kalau masyarakat meminta untuk penambahan sinyal di Ilaga memang wajar, karena kondisi memang seperti itu, meski begitu kami berharap masyarakat bersabar, kita tetap melakukan koordinasi dengan PT Telkom Witel Papua, kita berdoa saja mudah-mudahan niat baik dari mereka, bisa secepatnya terealisasi,” tambahnya.

 

Reporter: Fnd
Editor: Aditra
Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.