Warga SP 3 Soroti SOP Pelebaran Jalan Raya Buntut Kecelakaan Maut

KECELAKAAN | Insiden kecelakaan maut sepeda motor melibatkan anggota Satpol PP dengan anak sekolah di tikungan samping Pendopo SP 3, Mimika, Papua. Seorang anggota Satpol PP dilaporkan meninggal dunia. (Foto: Ist/Seputarpapua)
KECELAKAAN | Insiden kecelakaan maut sepeda motor melibatkan anggota Satpol PP dengan anak sekolah di tikungan samping Pendopo SP 3, Mimika, Papua. Seorang anggota Satpol PP dilaporkan meninggal dunia. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Warga mempertanyakan standar operasional prosedur (SOP) dalam proyek pembangunan dan pelebaran jalan raya di Jalan Cenderawasih, Kelurahan Karang Senang-SP 3 Timika, Papua.

Warga menilai pelebaran jalan raya yang diduga cacat SOP itu menyebabkan kecelakaan maut yang akibatkan seorang anggota Polisi Pamong Praja Mimika bernama Minto Jikwa meninggal dunia, Jumat (14/1/2022).

Tokoh masyarakat setempat, Lazarus Bugaleng, mengatakan saat kejadian itu, tidak terdapat petugas pengatur lalu lintas. Sedangkan saat itu sedang terjadi proyek pelebaran jalan dan mengharuskan kendaraan melewati satu jalan.

Menurut Lazarus, saat peristiwa naas itu, sekitar jam 13.00, cuaca sedang panas terik. Jalan raya itu sangat berdebuh ditambah dengan tikungan tajam.

“Di daerah kejadian itu jalan sudah sempit, (dipakai) dua jalur tetapi di situ banyak truk parkir juga. Ini kan tidak safety,” kata Lazarus kepada seputarpapua.com, Jumat malam.

Pernyataan Lazarus ini sekaligus mengklarifikasi pernyataan kepolisian bahwa kedua pelajar yang terlibat dalam kecelakaan itu dalam pengaruh alkohol.

“Yang jelas, yang mabuk itu bukan kedua anak sekolah itu,” kata Lazarus.

Meski demikian, diakui Lazarus informasi itu harus didalami pihak medis yang menangani korban. Sebab klaim penyebab kecelakaan akibat salah satu pengendara dipengaruhi miras itu dapat menyebabkan konflik horizontal antar warga lokal di Kelurahan Karang Senang.

“Jadi yang harus jadi sorotan di sini itu SOP proyek pelebaran jalan itu,” tegasnya.

Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Mimika, Iptu Devrizal saat peristiwa itu menjelaskan, tabrakan tersebut berawal saat satu unit sepeda motor melaju dari arah Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika menuju SP 3.

Diduga pengemudi maupun yang dibonceng merupakan anggota Satpol PP yang baru saja pulang dari kantor. Sementara dari arah berlawanan merupakan dua orang pemuda yang diduga adalah pelajar.

Usai tabrakan, para korban tergeletak di lokasi kejadian dalam kondisi luka-luka serius, kemudian dilarikan ke RSMM Caritas untuk mendapatkan penanganan medis.

Sayangnya satu korban meninggal dunia dan disemayamkan di kamar jenazah RSMM Caritas.

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi, Yonri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.