Warga Suku Kamoro di Iwaka Gelar Adat ‘Immu ‘ Main Baku Gosok Sambut Tahun Baru 2021

BERSAMA | Masyarakat suku Kamoro dan para tetangga saat ikut ramaikan upacara Immu atau baku gosok. (Foto: Kristin Rejang/SP)
BERSAMA | Masyarakat suku Kamoro dan para tetangga saat ikut ramaikan upacara Immu atau baku gosok. (Foto: Kristin Rejang/SP)

TIMIKA | Menyambut tahun 2021, masyarakat suku Kamoro yang tinggal di Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua melakukan upacara adat ‘Immu’ atau main baku gosok.

Tokoh adat suku Kamoro, Timotius Samin menjelaskan, Immu atau main baku gosok biasa dilakukan oleh masyarakat suku Kamoro pada umumnya saat Natal, tahun baru, ataupun pesta adat seperti masuk rumah adat dan lainnya.

Dimana ‘Immu’ biasanya dimainkan menggunakan lumpur atau sagu dicampur air.

“Kami di sini gunakan lumpur. Upacara ini biasanya dilakukan oleh perempuan (ipar dari laki – laki) yang mengejar laki – laki untuk digosok lumpur,” katanya saat diwawancarai Seputarpapua.com, Selasa (5/1/2021).

Karena pada umumnya laki-laki yang sebelumnya mengganggu perempuan yang kini menjadi istrinya, jadi ipar perempuan mengejar dengan membawa lumpur untuk digosok.

Setelah menggosok lumpur tersebut, laki-laki kemudian membalas dengan menggosok lumpur atau sagu tersebut, begitu seterusnya.

“Ini juga bisa dianggap umum, keluarga – keluarga lainnya bahkan pendatang yang kami rasa sudah menyatu dengan kami, mereka juga melakukan hal yang sama,” jelasnya.

Kata Timotius, upacara adat tersebut sebelumnya sudah dibuka pada tanggal 4 di Kokonao, Distrik Mimika Barat diikuti oleh seluruh masyarakat Kamoro yang ada di pesisir pantai.

“Kami diberitahu dari tokoh tokoh adat, adat ini berjalan sebulan dan tergantung kita mau laksanakan kapan asal jangan lewat dari tanggal 5 Januari 2021, untuk itu kami di sini sudah melakukan sejak tanggal 1 Januari dan hari ini upacara penutupannya,” kata Timotius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *