Warga Temukan Granat Aktif di Waena

AMANKAN | Tim Gegana Satuan Brimob Polda Papua mengamankan bom jenis Granat yang ditemukan warga di Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Selasa (14/6/2022). (Foto: Ist)
AMANKAN | Tim Gegana Satuan Brimob Polda Papua mengamankan bom jenis Granat yang ditemukan warga di Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Selasa (14/6/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Seorang warga bernama Yotam Tabuni menemukan Granat aktif di lokasi yang hendak digusur, di Jalan Buper Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Selasa sore (14/6/2022).

Bom jenis Granat yang ditemukan warga tersebut, diduga merupakan peninggalan perang dan dianggap masih aktif, lantaran masih terdapat pemicunya.

Kapolsek Heram, AKP Frangky Rumbiak menyampaikan, warga yang menemukan Granat langsung melaporkan temuannya itu ke pihak kepolisian setempat.

Selanjutnya setelah petugas mendapat laporan itu, langsung berkoordinasi dengan Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Papua dan bersama-sama mendatangi lokasi temuan.

“Kami langsung mendatangi TKP dan menggunakan alat penjinak bom, kemudian Granat tersebut diangkat lalu dimasukkan ke mobil penjinak bom,” kata Kapolsek dalam keterangan tertulisnya, Selasa malam.

Granat tersebut lalu dibawa Tim Gegana ke Mako Brimob Polda Papua untuk nantinya dilakukan pemusnahan dengan cara diledakkan.

“Terima kasih kepada warga yang langsung merespon kejadian tersebut dengan melaporkannnya ke pihak Kepolisian. Hal tersebut merupakan langkah yang benar, untuk itu kami imbau kepada seluruh masyarakat bilamana mengalami kejadian yang sama agar sesegera mungkin melaporkannya ke Kepolisian agar diambil langkah-langkah yang tepat dan benar,” kata Kapolsek.

Ia juga menjelaskan, Granat sendiri tidak mempunyai masa kedaluwarsa. Karenanya benda tersebut selalu aktif dan dapat meledak kapan pun itu.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.