Wisata Kuliner Khas Perikanan dan Pasar Ikan Air Tawar akan Dibangun di Timika

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kepala Dinas Perikanan, Leentje Siwabessy. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Dinas Perikanan, Leentje Siwabessy. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

Sementara itu yang nantinya mengolah kata Leentje, pihaknya akan menyewakan tempat untuk pihak ketiga sembari mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Dinas Perikanan.

“Kalau wisata nanti kita pakai pihak ketiga. Kita sewakan pihak ketiga bangunannya lalu pihak ketiga pakai dan dia harus mengikuti aturan yang kita tetapkan artinya jangan sampai dia mengganggu kebersihan lingkungan, menjaga dengan baik dan dia tidak boleh bermalam keluarga di situ kadang kita kasih sewa terus mau tinggal keluarga, tidak bisa,” ujarnya.

Dijelaskan, nantinya tempat wisata akan dibangun tepatnya di jalan masuk dekat gapura PPI sebelah kiri. Ang memang saat ini ada beberapa kios – kios pribadi.

“Kami sudah surati kios-kios tersebut nanti akan dibongkar lalu kita bangun tempat wisata kuliner di situ menggunakan dana APBD,”tuturnya.

Sementara itu, untuk pembangunan pasar ikan budidaya air pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepala Disperindag, dan sudah dialokasikan tempat untuk tahun ini dinas perikanan membangun pasar ikan budi daya air tawar.

“Kita buat akuarium besar, lalu ada ikan nila hitam, merah, mujair, lele dan ikan air tawar lainnya yang dalam keadaan hidup. Jadi orang ke sana orang lihat langsung ikan di akuarium lalu orang pilih sendiri dan membeli,” jelasnya.

Sekalian kata Leentje untuk mempromosikan bahwa perikanan bukan hanya ikan air laut saja, namun ada juga ikan air tawar.

Karena, sudah banyak pembudidaya yang susah maju bahkan ada yang sudah mengirim ke luar Timika baik benih maupun ikan siap konsumsi.

“Masyarakat juga nantinya tidak akan susah mencari ikan air tawar untuk dikonsumsi tinggal datang saja ke Pasar Sentral dan bisa melihat dan memilih secara langsung,” katanya.

Berita Terkait
Baca Juga