Wisma Atlet di Mimika Dijadikan Tempat Isolasi ODP Covid-19

SIMULASI | Wisma atlet saat simulasi dijadikan homebase atau tempat isolasi ODP selama 14 hari.(Foto: Muji/SP)
SIMULASI | Wisma atlet saat simulasi dijadikan homebase atau tempat isolasi ODP selama 14 hari.(Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua, terus berupaya melakukan penanganan penyebaran virus corona baru atau Covid-19.

Salah satunya, menjadikan wisma atlet yang berada di kompleks Mimika Sport Complex (MSC), Jalan Poros SP5, untuk tempat isolasi Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Asisten III Setda Mimika, Nikolaus Kuahaty mengatakan, sesuai dengan hasil koordinasi bersama, maka wisma atlet dijadikan tempat isolasi bagi ODP selama 14 hari.

“Jadi untuk penanganan ODP, kami siapkan wisma atlet sebagai tempat isolasi selama 14 hari,” kata Niko saat ditemui di sela-sela simulasi penanganan Covid-19, Sabtu (28/3).

Menurut Niko, wisma atlet memiliki kapasitas 43 kamar. Satu kamar bisa menampung tiga orang.

Sebagai tempat isolasi, maka wisma atlet langsung di bawah kendali Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika, sehingga akan ada tenaga medis, termasuk makan untuk ODP.

IKLAN-TENGAH-berita

“Untuk fasilitas sudah memadai, dengan beberapa fasilitas layaknya bintang tiga,” terangnya.

Untuk status ODP yang akan menempati wisma atlet, kata Niko, tidak hanya berasal dari Puskesmas. Tetapi juga berasal dari klinik-klinik swasta. Karenanya yang terpenting adalah adanya rekam medik ODP dari petugas medis.

“ODP sendiri bukan berarti orang ini sakit, tapi bisa saja terkontak atau dari daerah terjangkit. Sehingga untuk melokalisir maka dimasukkan ke wisma atlet. Namun harus ada hasil dari rekam medik,” tuturnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar