Wujudkan Pemilu Bersih dan Jujur, Solidaritas Mama Papua: Tipunya Lebih Banyak

FOTO BERSAMA | Bawaslu Mimika dan Solidaritas Mama mama Papua Kabupaten Mimika foto bersama usai koordinasi masalah kepemiluan. (Foto: Muji/Seputarpapua)
FOTO BERSAMA | Bawaslu Mimika dan Solidaritas Mama mama Papua Kabupaten Mimika foto bersama usai koordinasi masalah kepemiluan. (Foto: Muji/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Mimika bersama Solidaritas Mama-mama Papua berkomitmen mewujudkan pelaksanaan Pemilu yang bersih dan jujur.

Komitmen antara kedua belah pihak iditandai dengan dilakukan komunikasi dan koordinasi di Kantor Bawaslu Mimika, Rabu (2/6/2021), guna membahas pelaksanaan Pemilu.

“Barusan kami melakukan koordinasi dengan Solidaritas Mama-mama Papua di Mimika, membahas masalah kepemiluan, baik yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan,” kata Yonas Janampa.

Kata dia, Solidaritas Mama-mama Papua banyak memberikan masukan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu. Hal ini menjadi bahan evaluasi dari Bawaslu selaku penyelenggara Pemilu.

“Mama-mama sampaikan, agar penyelenggara Pemilu memahami tupoksinya. Ini karena, banyak penyelenggara tidak professional yang menyebabkan munculnya suatu masalah. Masyarakat itu tidak salah, tapi kurang profesionalismenya penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan organisasi kemahasiswaan dan organisasi kepemudaan (OKP) di Mimika.

“Pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu tidak bisa dilakukan Bawaslu sendiri. Tapi harus dapat dukungan dan harus melibatkan semua pihak. Oleh itu, harus gandeng seluruh pihak dalam melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu,” tuturnya.

Sementara Ketua Solidaritas Mama Papua di Mimika, Ros Kabes mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan suatu hal yang luar biasa dilakukan oleh Bawaslu dan ini merupakan pertama kali.

Ia berharap adanya hubungan kerjasama antara Bawaslu dengan Mama-mama Papua dalam melakukan pengawasan pemilu mendatang

“Selaku Mama-mama Papua, kami harap Pemilu nanti harus bagus dan jujur. Stop baku tipu sudah, karena selama ini tipunya lebih banyak. Misalnya dalam pelaksanaan pemilu pasti adanya permainan ‘money politik’,” ujarnya.

reporter : Mujiono
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.