Yakini Ambroncius Melanggar Hukum, Warinussy: Polisi Harus Tangkap

Yan Christian Warinussy. (Foto: Dok pribadi)
Yan Christian Warinussy. (Foto: Dok pribadi)

TIMIKA | Advokat dan pegiat HAM Papua Barat, Yan Christian Warinussy meminta kepolisian bertindak cepat menangkap Ambroncius Nababan yang dianggap bersikap rasis terhadap mantan Komisioner Komnas HAM dan tokoh kemanusiaan Papua, Natalius Pigai.

Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari ini meyakini tindakan Amboroncius yang menulis ujaran dengan menyandingkaan Natalius Pigai dengan gorilla, sangat jelas berindikasi pada perbuatan pidana.

“Sebagaimana dimaksud dalam Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),” kata Warinussy kepada seputarpapua.com, Senin 25 Januari 2021.

Ia juga menegaskan, kasus yang menuai reaksi dari berbagai pihak ini perlu segera diusut secara hukum sesuai ketentuan UU No. 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Menurut dia, dugaan penghinaan yang dilakukan oleh pemilik akun Facebook Amboroncius Nababan ini tidak hanya melukai hati Natalius Pigai, tetapi juga masyarakat Papua pada umumnya.

“Jelas menusuk hati saudara saya Pigay dan kaum kerabatnya di Tanah Papua, baik yang berhubungan keluarga dekat atau jauh dengan Natalius Pigay, maupun sesama rumpun Melanesia di Tanah Papua,” jelasnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Karena itu, Warinussy meminta aparat kepolisian di Indonesia maupun di Tanah Papua segera bertindak tegas demi menghindari kemungkinan adanya aksi-aksi massa berulang seperti 19 Agustus 2019.

“Saya justru berkeyakinan bahwa tindakan saudara pemilik akun Ambroncius Nababan tersebut sangat melukai hati semua orang Batak lainnya,” kata dia.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar