YPMAK Buka Seleksi Terbuka Calon Peserta Beasiswa Pendidikan Perguruan Tinggi

Peserta Seleksi terbuka Beasiswa Perguruan Tinggi dari YPMAK saat mengikuti tahapan seleksi yang digelar di SMP YPPK Santo Bernadus, Jalan Cenderawasih, Rabu (12/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Peserta Seleksi terbuka Beasiswa Perguruan Tinggi dari YPMAK saat mengikuti tahapan seleksi yang digelar di SMP YPPK Santo Bernadus, Jalan Cenderawasih, Rabu (12/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) selaku pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia melalui Divisi Pendidikan membuka seleksi terbuka bagi calon peserta beasiswa pendidikan tingkat perguruan tinggi.

Kepala Divisi Pendidikan YPMAK Feri Magai Uamang menerangkan, peserta seleksi terbuka berasal dari dua suku, yakni Amungme dan Kamoro serta lima suku kerabat lainnya.

“Seleksi ini perdana digelar setelah LPMAK diubah menjadi YPMAK, saat ini puji Tuhan kami diberikan kesempatan dari pembinan dan pengurus untuk bisa melaksanakan ini,” ujarnya saat ditemui di lokasi seleksi yang berada di SMP YPPK Santo Bernadus Timika, Rabu (12/6/2024).

Feri menjelaskan, mereka yang lolos seleksi akan dikirim untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi yang telah bermitra dengan YPMAK.

“Ada tiga mitra yang datang melakukan seleksi kepada anak-anak yakni Sananta Dharma, Yogyakarta, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, dan PEM Akamigas atau sekolah kedinasan dari Kementerian,” katanya.

Selain ketiga mitra tersebut, masih akan ada beberapa Perguruan Tinggi mitra YPMAK yang akan bertolak ke Mimika untuk melakukan seleksi.

“Peserta seleksi yang sudah masukan berkas di YPMAK itu sekitar 400 an lebih, sudah mendekati 500, yang kita ikutkan seleksi saat ini separuhnya, sisanya berikutnya dengan mitra yang belum datang,” jelasnya.

Feri menyebutkan, dari 500 peserta yang mengikuti, YPMAK hanya mencari 50 orang untuk memenuhi kuota beasiswa YPMAK yang saat ini masih 2965 menjadi sekitar 3000 peserta.

“Kuota yang tersedia ini sekitar 50 an kuota yang bisa kita ambil untuk mengisi ke kosongan yang ada, semoga pengurus dan pembina memberikan kelongaran supaya kita bisa mengisi yang lain, tidak pas 3000, semoga saja bertambah melebihi yang ditentukan,” paparnya.

Feri mengungkapkan, apabila peserta seleksi lolos dalam seleksi, maka seluruh biaya pendidikan akan ditanggung YPMAK.

“Kalau dinyatakan lulus semua pembiayaan ditanggung mulai dari biaya pendidikan mulai dari biaya pendidikan, uang saku, semua pembiayaan yang berhubungan dengan akademik ditanggung, sampai dengan selesai (pendidikan),” jelasnya.

Meskipun ditanggung, menurut Feri peserta yang lulus beasiswa pendidikan perguruan tinggi wajib menyelesaikan pendidikan paling lama 5 tahun.

Advertisements

“Sesuai pedoman beasiswa mereka kita berikan waktu selama 5 tahun, melebihi itu kita berhentikan,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan