YPMAK Cetak Tiga Pilot, Lulus dengan Predikat Sangat Baik

Tiga peserta beasiswa YPMAK yang dinyatakan lulus dari API Banyuwangi. (Foto: YPMAK)
Tiga peserta beasiswa YPMAK yang dinyatakan lulus dari API Banyuwangi. (Foto: YPMAK)

JAKARTA | Sebanyak tiga peserta Program Beasiswa Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola Dana Kemitraan PT. Freeport Indonesia, diwisuda pada Program Studi Commercial Pilot License – Intrument Rating, Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi, Jawa Timur, pada Sabtu (24/09/2022).

Seperti siaran pers yang diberikan YPMAK, dijelaskan bahwa ketiga peserta Beasiswa YPMAK, yakni Mikel Waoteyao, Edison Natalio Mom dan Petrotinus Kum. Ketiganya lulus dengan Predikat Sangat Baik. Mikel mendapat nilai akhir 83.08, Edison 83.55 dan Petrotinus 81,43.

Dalam upacara wisuda, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Kemenhub RI, DR. Ir. Heri Sudarmadji, yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan, API Banyuwangi merupakan sekolah sipil pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara, berkomitmen menghasilkan SDM penerbangan prima dan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

“Menghasilkan lulusan penerbangan yang siap kerja di industri. Dididik di API agar memberi kontribusi di perusahaan di mana nanti bekerja,” ujarnya.

Ia berpesan para lulusan API dapat menjunjung tinggi nama bangsa dan almamater, serta menerapkan ‘morality before knowledge and skil’ yakni tidak sekedar berpengetahuan tinggi namun berakhlak dan beretos kerja.

“Tidak ada artinya bila kita pintar tapi kita tidak bertanggung jawab, tidak jujur, tidak disiplin dan tidak bisa bekerjasama. Hal ini perlu jadi pegangan dalam berkarir,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengatakan, acara sakral wisuda ini merupakan gerbang awal untuk merambah masuk ke dunia kerja nyata.

Ia berharap segala pengetahuan dan wawasan selama berkuliah di API dapat menjadi modal dalam berkarir di bidang penerbangan.

“Mudah-mudahan para wisudawan bisa mengisi kekosongan di dirgantara Indonesia, sehingga perhubungan udara di Indonesia bisa lebih baik lagi melayani warga masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Yonri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.