YPMAK Gelar Workshop Mekanisme Verifikasi Klaim BPJS Kesehatan

FOTO | Foto bersama Wakil Direktur Program dan Monev YPMAK Nur Ihfa Karupukaro bersama peserta workshop. (Foto: Humas YPMAK/Seputarpapua)
FOTO | Foto bersama Wakil Direktur Program dan Monev YPMAK Nur Ihfa Karupukaro bersama peserta workshop. (Foto: Humas YPMAK/Seputarpapua)

TIMIKA | Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) Pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia mengelar workshop verifikasi klaim Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) atas penjamin kesehatan YPMAK.

Workshop digelar bertujuan untuk memahami mekanisme verifikasi klaim BPJS Kesehatan.

workshop dilaksanakan selama dua hari 28-29 Maret 2022 di satu hotel di Jayapura. Sementara pada hari Rabu, 30 Maret dan Kamis 31 Maret 2022 para peserta akan melakukan studi banding untuk melihat langsung verifikasi di RS Dian Harapan dan RS Provita Jayapura.

Kegiatan ini diikuti tenaga verifikator dari PT Sinabuk Nemangkawi Abadi selaku mitra pelaksana, staf RSMM, dan Divisi Kesehatan.l serta dihadiri Wakil Direktur Program dan Monev YPMAK, Nur Ihfa Karupukaro dan Deputi Monev, Kristianus Ukago.

Wakil Direktur, Nur Ihfa berharap agar para peserta dapat memahami alur layanan dan verifikasi administrasi dalam klaim BPJS Kesehatan.

“Kami berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh sukacita dan dapat memahami alur dan tata cara klaim BPJS Kesehatan,” katanya saat memberikan sambutan.

Untuk diketahui, dalam memberikan layanan kesehatan di rumah sakit kepada masyarakat Amungme dan Kamoro serta lima suku kekerabatan yang telah berjalan selama ini, YPMAK menanggung seluruh biaya pengobatan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Mitra Masyarakat maupun rumah sakit mitra YPMAK.

“Ini langkah baru bagi YPMAK, Kami berharap para peserta dapat memperoleh ilmu yang baru dan dapat diterapkan dalam melakukan verifikasi maupun melaksanakan klaim pembayaran ke BPJS Kesehatan,”tambah Nur Ihfa.

Pada workshop, fasilitator dari RSUD Dok II, Anwar M. Ade, MT memberikan materi tentang tata cara mengisi kode klaim dan mekanisme verifikasi klaim INACBG’s serta memberi gambaran tentang tata cara klaim BPJS Kesehatan.

Untuk diketahui, Sistem INA–CBG’s adalah aplikasi yang digunakan sebagai pengajuan klaim Rumah Sakit, Puskesmas dan semua Penyedia Pelayanan Kesehatan (PPK) bagi masyarakat miskin Indonesia. Case Base Groups (CBG’s), yaitu cara pembayaran perawatan pasien berdasarkan diagnosis- diagnosis atau kasus-kasus yang relatif sama. (Humas YPMAK)

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.