YPMAK Latih 14 Pokja Program Kampung Buat RAB dan LPJ

TIMIKA, Seputarpapua.com | Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan rencana anggaran belanja (RAB) dan laporan pertanggungjawaban (LPJ) program kampung wilayah kota dan highland (dataran tinggi).

Bimtek dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Timika selama 2 hari, 20-21 Juni 2024, diikuti 14 kelompok kerja (Pokja), dengan pemateri dari tim keuangan YPMAK.

Hingga saat ini YPMAK terus berupaya memberdayakan masyarakat melalui program kampung.

Sekretaris YPMAK yang juga Ketua Tim Pengelola Program Kampung (TP2K) wilayah highland, Johana J Saidui mengatakan, Bimtek yang digelar selama 2 hari ini merupakan tindaklanjut dari pembentukan Pokja untuk wilayah kota.

Tujuan agar pengurus Pokja bisa mengelola anggaran di masing-masing lokasi serta berkoordinasi dengan masyarakat, sehingga semua kegiatan bisa terlaksana dan berdampak ke masyarakat.

Untuk anggaran program kampung, masing-masing Pokja mendapat dana Rp300 juta. Besaran dana tersebut, 80 persennya digunakan untuk kegiatab, sementara 20 persen untuk opersional tim Pokja.

“Pokja pada masing-masing wilayah harus mengerti dan paham tentang pembuatan RAB dan LPJ. Hal ini berkaitan dengan pencairan anggaran tahun berikutnya,” ujarnya.

Ia menegaskan, jika LPJ tidak dibuat atau bermasalah, maka tahun depan pencairan anggaran juga terkendala.

“Tugas Pokja selain bisa membuat RAB dan LPJ, juga haru mampu mengkoordinir masyarakat. Khususnya dalam pembuatan program dan pelaksanaannya,” ujarnya.

penulis : Mujiono
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan