YPMAK Sosialisasi Perkembangan Program kepada Tokoh Masyarakat dan Intelektual Suku Amungme

SOSIALISASI | Suasana sosialisasi perkembangan YPMAK bersama intelektual dan tokoh masyarakat Amungme. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
SOSIALISASI | Suasana sosialisasi perkembangan YPMAK bersama intelektual dan tokoh masyarakat Amungme. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

Yang pasti setelah berubah dari lembaga ke yayasan, YPMAK tidak bisa langsung melaksanakan program-program yang sudah dirancang, karena setelah menjadi yayasan harus mempersiapkan peraturan, standar operasional (SOP) yang akan digunakan dan lainnya.

Namun program-program seperti ekonomi, kesehatan, dan pendidikan tetap berjalan walaupun ada beberapa yang belum maksimal, karena persiapan yayasan.

“Ini sudah dijelaskan, semua program yang berkaitan dengan YPMAK. Diharapkan sosialisasi ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga pelaksanaan program yang dilakukan YPMAK tidak bermasalah,” katanya.

Fery menambahkan, setelah berubah menjadi yayasan banyak pengurangan pada tenaga kerja dan perangkat-perangkatnya. Saat masih menjadi lembaga tenaga kerjanya banyak. Serta ada beberapa biro yang menaungi tujuh suku, namun dengan perubahan menjadi yayasan harus ada pengurangan.

“Hal ini sesuai dengan aturan sebuah yayasan dan petunjuk dari pembina, dalam hal ini PT Freeport Indonesia. Apalagi yayasan hanya mengelola administrasi dan perencanaan sementara pelaksanaan oleh pihak ketiga,” ungkapnya.

Ia berharap, sosialisasi yang dilakukan bisa dipahami masyarakat.

reporter : Mujiono
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.