Freeport, Pemkab dan Komunitas Peringati Hari AIDS Sedunia

Freeport, Pemkab dan Komunitas Peringati Hari AIDS Sedunia
Penandatangan komitmen bersama Akhiri AIDS 2030. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia (PTGI) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan Komunitas memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh tiap 1 Desember, Sabtu (2/12/2023), bertempat di SMK Negeri 2 Mimika, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Technical Advisor PTFI, Arnold Kayame mengatakan, peringatan hari AIDS tahun ini lebih menekankan memperkuat komitmen dalam memerangi stigma terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Kemudian meningkatkan kesadaran dan mendukung upaya-upaya pencegahan dan perawatan orang yang mengidap HIV/AIDS.

Terlebih di Papua Tengah, diketahui kasus terbanyak ada di dua kabupaten, yaitu Nabire dan Mimika. Ini menandakan bahwa Mimika sudah masuk lampu kuning untuk bersama-sama mengatasi dan mencegah HIV/AIDS.

Arnold pun mengingatkan agar anak muda dapat menjaga tingkah laku dan pola hidup yang baik.

“Jangan sampai dibatas usia muda mencari jati diri sehingga membuat kegiatan yang justru merusak masa depan,” katanya.

Freeport mempunyai kepedulian besar dengan kondisi ini, sehingga dengan menggandeng Pemkab Mimika dan komunitas-komunitas melakukan sosialisasi dan menjalankan program yang sifatnya kuratif sesuai area dan pekerjaan.

“Freeport selalu ada untuk membantu pemerintah menurunkan angka HIV-AIDS,” kata Arnold.

Perobatan Hari AIDS tahun 2023 ini, PBB menargetkan terjadinya penurunan angka di tahun 2030. Penurunan ini tentu saja ditargetkan di Mimika secara khusus. Tetapi tentu membutuhkan partisipasi dari semua pihak, bukan hanya perusahaan, pemerintah atau komunitas tertentu saja.

“Masyarakat dan pimpinan masyarakat juga harus memberikan pemahaman kepada keluarga dan anggota masyarakat lainnya, untuk terlibat aktif memerangi ini,” pesannya.

Penjabat (Pj) HIV/AIDS pada Dinas Kesehatan Mimika, Yoan Tauran, mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus meningkatkan komitmen dalam upaya pencegahan HIV/AIDS.

Sasaran peringatan Hari AIDS tahun ini, kata dia adalah pelajar. Yangmana sebelumnya telah dilakukan berbagai kegiatan di sekolah-sekolah. Kemudian puncak peringatan Hari AIDS 2023 dilakukan di SMK Negeri 2 Mimika Timur.

“Diharapkan remaja atau anak muda sadar akan pentingnya bertanggungjawab terhadap dirinya dan mengedukasi lingkungan sekitar tentang bahaya HIV/AIDS,” pesannya.

Kasus aktif HIV/AIDS di Mimika diketahui mulai Januari sampai September 2023 ada sebanyak 360 kasus, dengan penderita usia produktif 48 persen.

Dinas Kesehatan dan Puskesmas terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya mencegah diri dari HIV/AIDS.

Peringatan Hari AIDS di Kabupaten Mimika kali ini ditandai dengan penandatangan komitmen bersama akhiri AIDS di tahun 2030.

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *