Komisi B DPRD Mimika Dukung Relokasi Pedagang ke Pasar Sentral, Asal Pendekatannya Humanis

Herman Gafur
Herman Gafur

TIMIKA | Komisi B DPRD Mimika mendukung langkah dari tim gabungan yang dikoordinir oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), dalam melakukan relokasi pedagang dari pasar lama dan gorong-gorong ke Pasar Sentral.

“Kami mendukung upaya dari Disperindag merelokasi pedagang. Namun kami menekankan, agar dalam relokasi pedagang ini lebih mengedepankan kedekatan humanis,” kata Ketua Komisi B DPRD Mimika Herman Gafur, di Kantor DPRD, Jumat (11/9)

Kata dia, pada prinsipnya relokasi pedagang dari pasar lama dan gorong-gorong ini tidak langsung terjadi, namun sudah melalui suatu proses kajian, komunikasi, dan sosialisasi oleh stakeholder yang dikoordinir Kadisperindag Michael R. Gomar.

Komisi B sendiri, dari awal sudah komitmen dan menyampaikan ke Kadisperindag bahwa kalau semua relokasi pedagang muaranya ke Pasar Sentral, maka harus dipastikan sarana dan prasarananya mampu menjawab semuanya.

Artinya, bagaimana memastikan relokasi pedagang ini terpenuhi asas keadilan. Dalam arti, relokasi tidak hanya sekedar program namun substansinya harus bisa didapatkan.

“Instansi teknis, harus memastikan para pedagang yang biasanya berjualan di pasar lama dan gorong-gorong, harus mendapatkan tempat untuk jual beli. Karena ini menyangkut dengan pemenuhan kehidupan, sehingga harus jadi perhatian,” ujarnya.

IKLAN-TENGAH-berita

“Yang paling penting adalah, apa yang sudah dilakukan harus dievaluasi agar memastikan apakah langkah ini sudah tepat atau belum. Sehingga bisa dijadikan perbaikan kedepannya,” tambah Herman.

Sementara terkait penolakan terhadap beberapa mama-mama Papua, Herman menegaskan, relokasi pedagang ini bukan merupakan hal yang baru, namun sejak 2009 sudah bersepakat bagaimana memaksimalkan Pasar Sentral.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar