PTFI Gandeng Pemerintah Sosialisasi Aturan Koperasi

Foto bersama anggota dan jajaran pengurus Koperasi Amungme Gold Coffee saat mengikuti pembukaan kegiatan sosialisasi perkoperasian di Amungme Gold Coffee Cafe, yang berada di Jalan Malaria Kontrol, Mimika, Papua Tengah, Jumat (15/3/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Foto bersama anggota dan jajaran pengurus Koperasi Amungme Gold Coffee saat mengikuti pembukaan kegiatan sosialisasi perkoperasian di Amungme Gold Coffee Cafe, yang berada di Jalan Malaria Kontrol, Mimika, Papua Tengah, Jumat (15/3/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM memberikan sosialisasi peraturan perkoperasian kepada para anggota Koperasi Amungme Gold Coffee.

Kegiatan dihadiri seluruh anggota Koperasi Amungme Gold Coffee di Rumah Kopi Amungme Gold Timika, Jumat (15/3/2024).

Manajer Community Ekonomi Development Yohanes Bewahan Kae mengatakan, kopi adalah salah satu komoditi yang harus dijaga, sebab kopi merupakan ‘emas” berikutnya jika emas tambang telah habis.

Yohanes berharap petani kopi bisa terus berkembang melalui koperasi Amungme Gold.

“Komitmen PTFI tidak pernah berubah untuk membantu masyarakat di sekitar area Freeport,”katanya.

Hadirnya Pemerintah dalam setiap kegiatan PTFI salah satunya di bidang Koperasi merupakan wujud pemerintah terus memberikan perhatian.

“Meskipun program dari PTFI tapi kita dibawah pengawasan Pemerintah, dan ini menjadi poin penting salah satunya program Koperasi ini,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan program yang dilaksanakan selain berada dibawah naungan PTFI juga dibawah Pemerintah, sehingga aturan-aturan dari Pemkab perlu ditaati.

Selanjutnya mewakili Pemda Mimika Kasi Penyuluhan dan Sosialisasi Dinas Koperasi dan UKM Ellen Gobai mendukung program Koperasi Amungme Gold Coffee binaan PTFI.

“Kami sangat mendukung program Koperasi ini untuk menjadi koperasi yang sehat,” ungkapnya.

Ia berharap Koperasi Amungme Gold bisa dikenal dbimana-mana dan pengurusnya menjadi sehat.

“Bukti dari koperasi ini sehat adalah Rapat Anggota Tahunan (RAT) berjalan berturut-turut selama tiga tahun dan mendapatkan sertifikat dari Menteri Koperasi,” ungkapnya.

“Karena koperasi yang sehat bukan diukur dari usahanya berjalan lancar, pelanggan yang banyak maupun bangunannya yang megah,” katanya.

Kemudian Pembina Program Budidaya Kopi, Carlos Kilmaskossu mengatakan, sosialisasi dilaksanakana untuk memberikan pembekalan kepada para anggota dalam rangka persiapan RAT Koperasi Amungme Gold.

Pembina unit bisnis Koperasi Produsen Amungme Gold John Murib menambahkan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Pemerintah, agar program-program yang dilaksanakan sesuai dengan aturan Pemerintah.

“Jadi prinsipnya kita terus berkolaborasi dengan Pemerintah jadi jika ada hal-hal yang diarahkan oleh Pemerintah untuk diikuti maka kita akan menaatinya,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *