Reno Salampessy Dipanggil Seleksi Pelatnas Piala Dunia U-17

Reno Salampessy saat seleksi Garuda Select. (Foto: Official Garuda Select)
Reno Salampessy saat seleksi Garuda Select. (Foto: Official Garuda Select)

JAYAPURA | Pelatih Kepala Tim U-17 Indonesia Bima Sakti, mempromosikan 10 orang pemain baru didalam timnya saat pemusatan latihan di Jakarta untuk mempersiapkan diri pada ajang Piala Dunia U-17.

Dari 10 nama tersebut, ada nama Reno Salampessy ikut dipanggil. Reno panggilan akrabnya dipanggil mengikuti pelatnas yang berlangsung, pada Rabu, 26 Juli 2023.

Anak kandung dari legenda timnas Indonesia dan pemain yang masih aktif bersama Persipura, Ricardo Salampessy ini dipanggil karena kepiwaian dalam bermain sepakbola. Berbeda dengan ayahnya berposisi sebagai bek tangguh, namun kali ini Reno berposisi sebagai striker.

Reno Salampessy memang tampil di ajang Garuda International Cup 3 yang berlangsung di Asiop Training Ground, Sentul, Jawa Barat. Dia membela SSB Heijnes dari Jayapura yang notabene Sekolah Sepak Bola yang juga milik Legenda Persipura Jayapura lainnya, Jack Komboy.

Sebelum bermain bersama Heijnes, Reno mengikuti seleksi Garuda Select, yang diperuntukan menyaring pemain Timnas Indonesia U-17 proyeksi Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Namun sayang, Reno gagal membawa Heijnes melangkah ke babak final Garuda International Cup 3. Hal ini tak lepas usai Heijnes takluk oleh Diklat Merden lewat babak adu penalti.

Meski gagal, ia dipercayakan Bima Sakti lagi untuk jalani seleksi. Ini pun yang menjadi mimpi besar sang anak, termasuk ayahnya Ricardo Salampessy.

Dari 10 anak yang dipromosikan, Bima Sakti juga memulangkan 9 pemain ke klub mereka masing-masing. Mereka semua sudah menjalani latihan rutin, test kesehatan dan juga psikotes, hingga beberapa uji coba internal.

“Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, tidak ada jaminan bagi para pemain di TC Jakarta ini untuk terus berada di tim. Kalau dia tidak bekerja keras, tidak memiliki mental kuat dan tidak punya kedisiplinan yang tinggi pasti susah bersaing,” tegas Bima dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (27/7/2023).

“Tentu kami sangat selektif memilih pemain dan mencari pemain sesuai kebutuhan tim. Kriteria yang kami cari tentu dari kualitas pemain tersebut, skill individu, chemistry dengan teman-temannya, mental, disiplin, dan lain-lainnya,” lanjutnya.

Selain itu juga, seleksi pemain untuk tim U-17 sudah dan akan berlangsung hingga pekan ketiga di semua kota-kota besar seluruh Indonesia, Bandung, Bali, Palembang, Jakarta, Samarinda, Solo, Banjarmasin, Medan, Surabaya, Manado dan Makassar.

“Kami juga memberikan kesempatan kepada putra-putra terbaik di seluruh Indonesia untuk bisa bergabung di tim ini. Saya pikir talenta-talenta muda di negeri ini sangat banyak,” tandas Bima.

Advertisements

Pemusatan latihan di Jakarta ini sudah berlangsung dari tanggal 9 Juli hingga nanti 30 Agustus 2023. Tim ini juga dipersiapkan untuk berlaga Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023, di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

penulis : Vidi
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan