Polri Uji Balistik Barang Bukti Penembakan di Area Freeport

waktu baca 3 menit
Ilustrasi

TIMIKA | Barang bukti yang ditemukan dalam aksi teror penembakan dua hari beruntun di area PT Freeport Indonesia, telah dikirim ke Jakarta untuk dilakukan uji laboratorium forensik dan uji balistik guna mengungkap kasus tersebut.

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon melalui Kasat Reskrim AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan, SIK  mengatakan, pihaknya telah mengutus dua penyidik ke Jakarta untuk mengawal proses uji labfor-balistik di sana.

“Kami terus berupaya melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku. Kami mohon dukungan dari warga juga,” kata AKP Dionisius kepada wartawan di Timika, Rabu (4/10).

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon mengatakan, beragam asumsi masyarakat mengenai teror penembakan tersebut, menjadi tantangan bagi aparat terutama Polri sebagai institusi yang bertanggung jawab dalam menjamin keamanan warganya.

“Ya, ini tantangan kami untuk menjawab pertanyaan masyarakat. Doakan semoga bisa terbukti siapa pelakunya. Ini tugas kami Polisi dibantu TNI,” kata Kapolres di Timika, Jumat (29/9) lalu.

Kapolres menegaskan, pihaknya telah menemukan beberapa petunjuk dalam proses investigasi dan upaya pengejaran terhadap para pelaku, yang diduga kuat merupakan jaringan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang berbasis di wilayah pegunungan Mimika.  

“Kami terus melakukan pengejaran. Saat ini kami sudah temukan beberapa petunjuk. Namun hasil investigasi kami belum bisa publikasikan saat ini. Kita masih sinkronkan semua petunjuk, termasuk jenis proyektil dan senjata yang digunakan,” ujarnya.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar sebelumnya mengatakan bahwa pelaku teror penembakan tersebut merupakan pemain lama yang kerap melancarkan aksi penembakan misterius di sekitar dataran tinggi Tembagapura, area PT Freeport Indonesia.

Kapolres belum bisa menyebut terduga pelaku dan kelompok mana yang paling bertanggung jawab atas peristiwa tersebut. Meski tak menampik mengenai keberadaan jaringan Organisasi Papua Merdeka (OPM) berinisial GA pimpinan TK dan SW pimpinan AW.

“Kita tidak bisa menduga-duga, ada praduga tak bersalah. Tapi memang sudah bisa terpetakan kelompoknya siapa. Yang jelas mereka pernah melakukan aksi serupa,” ungkap dia.

Untuk diketahui, teror penembakan di area PT Freeport terjadi dalam dua hari beruntun sejak Minggu (24/9) dan Senin (25/9). Kondisi demikian memaksa pihak perusahaan sempat menghentikan sementara konvoi kendaraan pengangkut karyawan di jalan tambang utama.

“Upaya pengamanan rute pejalan umum (RPU) dan pengamanan di seluruh sektor di wilayah obyek vital nasional dilakukan. Kemudian ada peningkatan patroli gabungan TNI dan Polri,” jelasnya.

Pasca kejadian itu, aparat keamanan TNI dan Polri di Mimika bersama Satuan Tugas Pengamanan Obyek Vital Nasional PT Freeport Indonesia atau Satgas Amole melakukan evaluasi sistem pengamanan.

“Tentunya setiap ada kejadian ada evaluasi rutin. Kita perlu juga intropeksi segala kekurangan, dan mengevaluasi pola-pola pengamanan untuk mengetahui titik lemahnya,” kata dia. (rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Exit mobile version