seputarpapua.com

Minim Fasilitas Jadi Kendala Akreditasi Puskesmas Timika

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Minim Fasilitas Jadi Kendala Akreditasi Puskesmas Timika
PUSKESMAS – Puskesmas Timika yang berada di Jalan Trikora, Timika siap untuk diakreditasi – Foto : Istimewa

TIMIKA I Meskipun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Timika, Distrik Mimika Baru siap untuk diakreditasi pada 2017 ini, namun masih ada sejumlah kendala yang dihadapi. Salah satunya adalah minimnya fasilitas gedung puskesmas yang belum memadai. Sementara, apabila dilihat dari sisi manajemen dan administrasi, Puskesmas Timika yang terletak di Jalan Trikora ini sudah sangat siap. 

“Kalau dilihat dari sisi manajemen dan administrasi kami sudah siap. Tapi dari sisi bangunan fisiknya masih kurang. Padahal bangunan menjadi salah satu elemen penting penilaian akreditasi,” ujar Kepala Puskesmas Timika, Maria Y Rahangiar saat dijumpai Wartawan, Jumat (29/7/17) di Graha Eme Neme Yauware.

 Dikatakan Maria, sampai saat ini fasilitas bangunan di Puskesmas Timika merupakan gedung yang sudah lama. Dimana, ada beberapa bagian dari bangunan, yakni lantai, dinding dan plafon yang sudah rusak sehingga memerlukan perbaikan. 

 Lanjutnya, selain bangunan fisik, Puskesmas Timika tidak menemui kendala apabila dilakukan akreditasi pada tahun ini. “Khusus dari sisi Administrasi, kami sebenarnya ingin melakukan uji banding ke puskesmas yang sudah terakreditasi diluar Papua, namun masih terkendala dengan dana. Rencana uji banding ini akan dilaksanakan di Jogjakarta atau Jakarta” jelasnya.

 “Sekarang kami berusaha saja, sampai dimana kami bisa. Kami ikut proses akreditasinya kalau September atau Oktober kita bisa ikut akreditasi, syukur, kalau tidak, ya mau bagaimana lagi karena memang masih banyak yang harus dibenahi,” imbuh Maria.(mjo/SP)

Berita Terkait
Baca Juga