Pengamanan Idul Fitri, Polres Mimika Siagakan 495 Personil Gabungan

Selasa, 04 Jun 2019 18:14 WIT
Personil gabungan saat melaksanakan apel pengamanan pawai takbir dan Salat Idul Fitri 1440 H di halaman Graha Eme Neme Yauware. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Dalam rangka mengamankan Idul Fitri 1440 Hijriah, mulai pawai takbir keliling hingga Shalat Ied, Polres Mimika menyiagakan 495 personil gabungan.

Untuk memantapkan pelaksanaan pengamanan tersebut, Polres Mimika menggelar apel gabungan yang dilaksanakan di halaman Graha Eme Neme Yauware, Selasa (4/6) sore dan dipimpin langsung Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto.

Apel gabungan ini diikuti jajaran Polres Mimika, TNI, Pramuka, PMI, Orari dan Oramas.

AKBP Agung Marlianto mengatakan, sekarang ini merupakan momen yang ditunggu oleh umat muslim. Dimana setelah 30 hari atau satu bulan penuh  melaksanakan ibadah puasa. Dan di malam ini dilaksanakan pawai takbir keliling, sebagai bentuk kegembiraan.

"Sebenarnya pawai takbir keliling di  daerah lain tidak dilaksanakan. Namun, Forpimda memberikan kesempatan kepada umat muslim untuk melakukannya. Karenanya dalam pengamanan untuk dilakukan sebaik mungkin," kata Kapolres.

Pelaksanaan pawai takbir keliling akan dilakukan paling lama 1 jam. Dan pada saat kegiatan diharapkan peserta tidak menggunakan roda dua. 

Namun kalau masih ada yang tetap menggunakan, maka disarankan untuk tetap menggunakan perlengkapan kendaraan, seperti helm dan lainnya.

"Dalam melakukan pengamanan harus dilakukan dengan tegas dan humanis. Sehingga semua bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, Kapolres juga menekankan kepada seluruh anggota untuk mewaspadai ancaman teror. Karena hal itu nyata dan sudah banyak bukti kejadian yang terjadi.

"Intinya dalam melaksanakan tugas tingkatkan kewaspadaan. Sehingga semua kegiatan bisa berjalan aman dan kondusif. Dan gandeng semua pihak, serta aktif melihat situasi dan kondisi yang ada," ungkapnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan