Bupati Merauke: Presiden Jokowi, Kebanggaan Orang Papua

KETERANGAN PERS | Bupati Merauke Romanus Mbaraka saat memberikan keterangan pers. (Foto: Emanuel/ Seputarpapua)
KETERANGAN PERS | Bupati Merauke Romanus Mbaraka saat memberikan keterangan pers. (Foto: Emanuel/ Seputarpapua)

MERAUKE | Presiden Joko Widodo boleh jadi merupakan pemimpin pertama di Indonesia yang mendapat tempat di hati masyarakat Papua, karena perhatiannya yang besar untuk pembangunan di Bumi Cenderawasih.

Hal ini diungkapkan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka dalam konferensi pers di gedung media center PON XX Papua klaster Merauke, Kamis (7/10/2021).

Bupati Romanus mengungkapkan bahwa masyarakatnya sangat bangga terhadap Presiden Jokowi yang melakukan berbagai gebrakan pembangunan di Tanah Papua, tidak terkecuali di empat kabupaten di wilayah selatan.

“Kami bangga dan sayang kepada Pak Jokowi. Dia adalah salah satu presiden yang mengangkat harkat dan martabat orang asli Papua melalui pembangunan yang nyata,” kata Romanus.

Selama kepemimpinan Jokowi, katanya, pembangunan di Tanah Papua menampakkan hasil yang sangat nyata seperti infrastruktur jalan, jembatan, bandar udara, rumah sakit, pertanian dan sektor lainnya.

“Walaupun ada statement yang tidak mengenakkan terhadap bapak presiden, bagi kami itu bukan representasi orang asli Papua. Harus realistis melihat apa yang dilakukan presiden selama tujuh tahun. Sebagai manusia sejati, itu harus diakui,” ujarnya.

Mewakili masyarakat di selatan Papua juga, Bupati Romanus menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah tiga kali ke Merauke. Kedatangan Jokowi membawa berkah pembangunan bagi masyarakat setempat.

“Tadinya jalan trans dari Merauke ke Tanah Merah bisa jalan berbulan-bulan, sekarang hanya butuh beberapa jam, karena sudah aspal beton. Pembangunan pada sektor yang lain pun sangat nyata,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam kunjungan kerja di Merauke pada 3 Oktober lalu, Presiden Jokowi meresmikan terminal Bandara Mopah, meninjau kegiatan vaksinasi covid-19, meresmikan pos lintas batas negara di Sota, dan meresmikan rumah sakit LB Moerdani.

“Dalam kesempatan itu, kami minta dukungan Presiden untuk membantu pembangunan jalan Merauke-Mappi, jalan Kondo, pembangunan pertanian termasuk dukungan untuk Provinsi Papua Selatan. Beliau sangat merespon,” imbuhnya.

Pernyataan yang sama tentang perhatian Presiden Joko Widodo pernah disampaikan Bupati Asmat, Elisa Kambu. Diungkapkan, berbagai pembangunan yang dilaksanakan di Asmat didukung sepenuhnya oleh presiden.

“Seperti pembangunan jalan, jembatan, telekomunikasi, bandara, rumah sakit dan lain-lain didukung penuh oleh pemerintah pusat dibawah kepemimpinan Bapak Jokowi,” ujar orang nomor satu di Asmat ini.

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.