seputarpapua.com

Di Mimika 83 Pos Peka Didirikan, Kapolres Beberkan Tren Kejahatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
KERJA | Antusias masyarakat Timika Jaya bekerja membangun Pos Peka untuk keamanan lingkungan. (Foto: Ist/Seputarpapua)
KERJA | Antusias masyarakat Timika Jaya bekerja membangun Pos Peka untuk keamanan lingkungan. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Pos Peduli Keamanan atau Pos Peka yang merupakan inovasi kreatif Polres Mimika, Papua, hingga kini sudah berdiri sebanyak 83 pos sejak program tersebut mulai dilaksanakan pada 10 Februari 2021.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menjelaskan, dari evaluasi hasil pelaksanaan tugas operasional Polres Mimika pada tahun 2020, diketahui bahwa meningkatnya jumlah kriminalitas di Kabupaten Mimika diakibatkan kurangnya kehadiran personel Polri di lapangan.

Selain itu, jumlah kuantitas personel Polres Mimika tidak sebanding dengan beban tugas yang dihadapi. Terlebih saat ini, perkembangan pembangunan dan jumlah penduduk di Kabupaten Mimika semakin meningkat.

Kemudian, melihat waktu terjadinya aksi kejahatan atau crime clock di Kabupaten Mimika. Pada tahun 2020, aksi terjadi rata-rata mulai pada pukul 22.00 sampai pukul 4.00. Berikut, lokasi terjadi suatu tindak kejahatan, sebagian besar di lingkungan perumahan masyarakat.

“Dengan mendasari hal tersebut, untuk menekan jumlah kriminalitas yang ada, Polres Mimika berinovasi untuk membuat program Pos Peka, pos peduli keamana,” jelas Kapolres, Kamis (25/3/2021).

Selain itu, Pos PeKa merupakan penjabaran 16 program prioritas Kapolri yang terdapat pada poin 5, pemantapan kinerja pemeliharaan kamtibmas.

Disamping itu, mendukung program Polda Papua untuk menggiatkan program Binmas Noken, dalam hal ini terkait pembinaan keamanan terhadap masyarakat dengan harapan dapat menjadi polisi sendiri dalam diri masing-masing.

“Dalam inovasi tersebut Polres Mimika bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Kodim 1710/Mimika, Brimob Batalyon B Mimika dan stakeholder terkait yang ada di Kabupaten Mimika,” katanya.

Berita Terkait
Baca Juga