Panglima dan Kapolri Hadiri Deklarasi Pemilu Damai di Papua

Panglima dan Kapolri Hadiri Deklarasi Pemilu Damai di Papua
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadiri Deklarasi Pemilu Damai di Papua, Jumat (8/12/2023). (Foto: Firga/Seputarpapua)

JAYAPURA | Komponen masyarakat di Papua terdiri dari Pemerintah, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Pemuda dan penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu menggelar deklarasi pemilu damai di Papua.

Deklarasi pemilu damai dihadiri langsung oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di lapangan Lantamal X Jayapura, Jumat (8/12/2023).

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan Tokoh Masyarakat Papua, Herman Yoku, menyatakan mendukung TNI-Polri dalam menjaga keamanan selama tahapan Pemilu 2024, sehingga pesta demokrasi berjalan aman dan damai.

“Kami komponen masyarakat Papua menyatakan sikap mendukung TNI-Polri dalam menjaga keamanan serta menyukseskan gelaran Pemilu 2024 yang aman dan damai,” katanya saat membacakan pernyataan sikap.

Selain itu, komponen masyarakat Papua berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menolak segala bentuk provokasi dan berita hoaks yang dapat memecah persatuan bangsa.

“Kami juga menolak segala bentuk provokasi yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa serta bersama menangkal berita hoaks yang menciderai pesta demokrasi,” pintanya.

Deklarasi Pemilu damai ini disambut positif oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Ia mengaku, TNI akan mendukung pelaksanaan pemilu di Papua bisa berlangsung aman dan damai.

“Harapan kami pelaksanaan pemilu di Papua bisa berjalan lancar. Tentunya kita akan berkolaborasi dengan Polri, Bawaslu dan KPU untuk pengamanan mulai dari distribusi logistik hingga pelaksanaan pemilu,” kata Panglima TNI.

Senada dengan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan mendukung komitmen masyarakat Papua untuk menciptakan pemilu damai di Papua.

“Deklarasi seperti ini tentunya penting dan harus terus digelorakan, sehingga masyarakat bisa memberikan hak pilihnya dengan bebas,” kata Kapolri.

Kapolri meminta masyarakat Papua untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai serta menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

“Tentunya kami bersinergi dengan TNI dan stakeholder terkait untuk mengawal dan mengamankan tahapan pemilu sehingga semua bisa berjalan aman dan lancar. Kita juga selalu menyerukan agar Bawaslu dan KPU bisa melaksanakan pemilu dengan baik,” tutupnya.

penulis : Firga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *