Sah! Elisa Kambu dan Thomas Safanpo Kembali Pimpin Kabupaten Asmat

Ketua KPU Asmat Veronikus Ase menyerahkan berita acara hasil pleno penetapan pemenanga Pilkada kepada Elisa Kambu. Foto: Faqi/Seputarpapua
Ketua KPU Asmat Veronikus Ase menyerahkan berita acara hasil pleno penetapan pemenanga Pilkada kepada Elisa Kambu. (Foto: Faqi/Seputarpapua)

ASMAT | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Asmat akhirnya menetapkan pasangan Elisa Kambu dan Thomas E.Safanposebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Asmat 2020.

Penetapan pasangan dengan nama kampanye KAMSA ini melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Asmat Terpilih Pemilihan Tahun 2020 di Aula Kesbangpol Asmat, Sabtu (20/2/21).

Rapat Pleno dipimpin Ketua KPU Asmat Veronikus Ase didampingi empat anggota komisioner KPU Asmat.

Veronikus mengatakan, Elisa Kambu dan Thomas E. Safanpo ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024 setelah putusan Mahkama Konsitusi (MK) RI Nomor 107/PHP.BUP-XIX/2021 perihal Perselisihan Hasil Bupati dan Wakil Bupati Asmat dan menolak permohonan pemohon.

“Maka pada hari ini, Sabtu 20 Februari 2021, KPU Asmat tetapkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih adalah pasangan nomor urut satu yaitu Elisa Kambu dan Thomas E. Safanpo,” kata Ketua KPU.

Pasangan pemenang Pilkada Asmat ini mendapat perolehan suara sebanyak 43.817 (empat puluh tiga ribu delapan ratus tujuh belas) suara.

IKLAN-TENGAH-berita

Pasangan Elisa Kambu dan Thomas E. Safanpo diusung 9 partai politik yaitu, PDIP, Golkar, PAN, Gerindra, PKB, Partai Nasional Demokrat, PKS, Partai Demokrat dan PSI.

Veronikus menegaskan, Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Asmat Terpilih Pemilihan Tahun 2020 adalah tahapan akhir yang dilaksanakan oleh KPU Asmat.

“Penetapan pasangan terpilih bupati dan wakil bupati Asmat 2020 adalah tahapan akhir yang dilaksanakan oleh KPU Asmat,”imbaunya

Selanjutnya, KPU mengusulkan ke DPRD Asmat untuk diparipurnakan dan diumumkan hasil penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Asmat Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

“Setelah diparipurnakan DPRD Asmat, maka mereka akan bawakan ke Gubernur Papua untuk pengusulan pelantikan ke Kemendagri RI,” jelasnya.

Untuk diketahui, Rapat Paripurna DPRD Asmat akan dilaksanakan pada Senin 22 Februari 2021 berlangsung di ruang sidang DPRD Asmat Jalan Sekwan, Distrik Agats.

Sementara informasi yang diterima seputarpapua.com, bahwa pelantikan kepala daerah terpilih 2020 diperkirakan tanggal 26-27 Februari 2020 dan pelantikannya melalui daring.

Sementara yang hadir dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Asmat dihadiri, Plj Bupati Asmat Bartholomeus Bokoropces, Elisa Kambu selaku Bupati terpilih periode 2021-2024, Ketua DPRD Asmat Yoel Mangaprou dan Kapolres Asmat AKBP Dhani Gumilar serta perwakilan partai politik, Bawaslu tokoh agama dan tamu undangan terkait lainnya.

 

Reporter: Faqi
Editor: Misba

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar