200 Karya Seniman Asmat Resmi Dilelang Hari Ini

Karya Seni Juara 2 Panel bernomor registrasi 148 dilelang kepada tamu Festival Pokman ke-35 di Agats, Senin (10/10/2022). (Foto: Yonri/Seputarpapua)
Karya Seni Juara 2 Panel bernomor registrasi 148 dilelang kepada tamu Festival Pokman ke-35 di Agats, Senin (10/10/2022). (Foto: Yonri/Seputarpapua)

AGATS | Sebanyak 200 buah karya seniman Asmat secara resmi dilelang di Festival Asmat Pokman ke 35 pada Senin (10/10/2022).

Pelelangan dibuka bersama oleh Uskup Keuskupan Asmat Mgr. Aloysius Murwito, Bupati Asmat Elisa Kambu, Wabup Asmat Thomas Eppe Safanpo, Uskup, dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh.

Lelang dimulai dengan karya ukiran panel Juara 2 dengan nomor registrasi 148. Lelang perdana ini dimenangkan oleh Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo dengan harga Rp15,5 juta.

Lelang hari pertama ini diutamankan pada pemenang juara 2 dan 3 dari tiga kategori yakni patung besar, panel, patung kecil, dan anyaman. Hingga sore hari sudah tercatat 12 karya seni terjual.

 

Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo (kanan) berfoto dengan salah satu seniman dan karya seni yang dimenangkannya saat lelang. Hari pertama ini Thomas menjadi tamu yang memenangkan lelang terbanyak dengan total 3 karya seni. (Foto: Yonri/Seputarpapua)

 

Festival ini diprakarsai oleh Keuskupan Agats melalui penyelenggara dari tim Museum Kebudayaan dan Kemajuan Asmat.

Bupati Asmat, Elisa Kambu sebelumnya menjelaskan, hingga saat ini pihaknya dan Gereja sangat fokus dalam menjaga potensi budaya sebagai identitas orang Asmat.

Ia juga mengimbau agar generasi penerus seniman budaya Asmat semakin bertambah di tahun mendatang.

“Gereja dan Pemerintah beri perhatian, karena budaya harus dilestarikan. Festival ini harus berlanjut. Terutama harus ada anak-anak muda lagi (terlibat). Karena yang membedakan kita dengan orang Papua yang lain, anak bangsa yang lain melalui kegiatan ini,” kata Elisa

 

penulis : Yonri
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *