Administrasi Divestasi Saham Freeport Berubah Menyusul Pemekaran Papua

Petrus Yumte
Petrus Yumte

TIMIKA | Pj Sekda Mimika Petrus Yumte menyebut, administrasi terkait divestasi saham PT Freeport Indonesia berubah menyusul pemekaran Papua.

“Terkait divestasi saham juga secara administrasi pasti berubah,” katanya di Timika, Senin (28/11/2022).

Ia mengatakan, karena ini sifatnya perdata, maka pasti ada kesepakatan, pembuatan dokumen, akta notaris dan lainnya yang pasti akan mengikuti dengan perubahan ini.

“Kami maunya cepat, tapi ada administrasi yang harus disesuaikan. Soal bagi-bagi hasil ini kan butuh kesepakatan,” tutur Petrus.

Lebih lanjut, kata Petrus, adanya DOB sehingga akan dibenahi peralihan-peralihan tentang administrasi terkait termasuk dalam pembentukan Perusahan Daerah (Perusda).

Petrus mengatakan, sebelumnya memang disvestasi saham ini pembahasannya di Provinsi Papua saat itu, namun dengan ada DOB baru maka tentu peralihan dan perubahannya pasti ada.

“Pokoknya kita tidak bisa mendahului, namun yang pastinya akan ada penyesuaian yang baru. Kita di Timika sebenarnya mau cepat supaya ada uang masuk dan APBD bisa mencapai Rp7 atau 8 triliun,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.