Baku Tembak di Ilaga, Satgas Ops Damai Cartenz Tewaskan Anggota KKB

TUNJUKKAN | Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menunjukkan foto Lerinus Murib. (Foto: Satgas Humas Ops Damai Cartenz)
TUNJUKKAN | Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menunjukkan foto Lerinus Murib. (Foto: Satgas Humas Ops Damai Cartenz)

TIMIKA | Satuan Tugas (Satgas) Operasi (Ops) Damai Cartenz  menewaskan seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam kontak senjata yang terjadi pada Jumat, 27 Mei 2022 di sekitar lapangan Trikora, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Kontak senjata terjadi ketika personel Satgas Ops Damai Cartenz melakukan kegiatan patroli di sekitar lapangan Trikora, yangmana di lapangan tersebut sedang dilaksanakan kegiatan atau acara adat bakar batu.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal membenarkan kejadian itu dan menyatakan seorang anggota KKB tewas dalam baku tembak tersebut.

“Iya, benar ada satu anggota KKB yang MD (meninggal dunia), yakni atasnama Lerinus Murib,” kata Kasatgas Humas di Jayapura, Senin (30/5/2022).

Lerinus Murib disebut merupakan anggota KKB pimpinan Bumunggur dan Titus Murib, yangmana sering beraksi di Kabupaten Puncak.

Lanjut Kamal, berdasarkan keterangan personel di lokasi kejadian, Lerinus Murib dipastikan telah tewas, begitu juga dari laporan warga di lokasi kajadian.

“Jenazah anggota KKB tersebut sudah dibawa oleh rekan-rekannya setelah kontak senjata selesai, dan sudah mereka bakar pada Jumat, malam Sabtu,” ujarnya.

Sementara itu disampaikan juga bahwa, pada Hari Minggu, 29 Mei 2022, warga menemukan sesosok mayat atasnama Yakianus Labene (25) disekitar lokasi baku tembak, tergeletak di posisi KKB.

Untuk keterlibatan pemuda tersebut dengan KKB, kata Kamal, hingga kini pihaknya masih melakukan pendalaman.

“Jenazah pemuda tersebut sudah disemayamkan oleh pihak keluarga dengan cara adat, yakni di bakar,” kata Kasatgas Humas.

*Lerinus Murib Terlibat 5 Aksi Kekerasan di Puncak*

Kasatgas Humas juga membeberkan aksi kekerasan yang melibatkan Lerinus Murib bersama dengan kelompoknya di Kabupaten Puncak.

Pada tanggal 8 April 2021, Lerinus terlibat dalam aksi pembakaran tiga sekolah, yakni SD, SMP dan SMA di wilayah Kampung Julukoma, Distrik Boega.

Pada tanggal 4 Juni 2021, ia juga terlibat aksi pembunuhan keji di Kampung Niporolome yang mengakibatkan 5 warga meninggal dunia, diantaranya adalah Kepala Kampung Niporolome, Patianus Kogoya, Petena Murib (perempuan), dan Nelius Kogoya.

Pada tanggal 27 Januari 2022, terlibat dalam kontak tembak dengan anggota TNI Yonif R 408/SBH di Distrik Gome yang mengakibatkan 3 anggota TNI meninggal dunia, yakni Pratu Rahman, Serda Rizal, dan Pratu Baraza.

Pada tanggal 1 Maret 2022, terlibat dalam pembantaian karyawan dan warga sipil yang berada di kamp Palapa Timur Telematika (PTT), Distrik Beoga yang mengakibatkan 8 karyawan PT meninggal dunia.

Pada tanggal 22 April 2022, Lerinus juga terlibat dalam aksi pembakaran Kantor dan aset Perusahaan PT Martha Tunggal Teknik (MTT) yang berada di Kampung Kago.

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.