Bertemu Para Tokoh, Gomar Sebut Banyak PR yang Harus Diselesaikan di Mappi

Pj. Bupati Kabupaten Mappi, Michael Gomar. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Pj. Bupati Kabupaten Mappi, Michael Gomar. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, Michael Gomar kini mulai bekerja. Sebagai langkah awal, Gomar telah bertemu dengan beberapa kepala suku, tokoh adat, ketua dewan adat, dan juga perwakilan dari beberapa tokoh pemuda dan perempuan setempat.

Pertemuan itu dilakukan untuk menerima masukan dan saran pembangunan Mappi ke depan. Para tokoh-tokoh juga sepakat, Kamis (9/6/2021) mendatang akan dilakukan penjemputan Pj Bupati secara adat di Mappi.

Gomar juga mengatakan dalam waktu dekat ada beberapa program kerja priotitas yang harus diselesaikan sesuai dengan surat keputusan Mendagri untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Tugas-tugas tersebut yaitu melaksanakan tugas pemerintahan umum, menjaga kamtibmas, melaksanakan penataan reformasi birokrasi dan juga mempersiapkan tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu, Pilpres, Pilkada Bupati dan Pilkada Gubernur tahun 2024.

“Empat tugas ini menjadi prioritas untuk dilaksanakan oleh semua penjabat Bupati yang sudah dilantik oleh mendagri,” jelas Michael Gomar ketika di wawancarai di Timika, Jumat (3/6/2022).

Kemudian kata Gomar, beberapa tugas tambahan juga secara khusus diberikan kewenangan kepada para Penjabat Bupati untuk melakukan penataan reformasi birokrasi melalui rolling pejabat untuk beberapa jabatan strategis dan juga jabatan-jabatan yang mungkin belum sesuai dengan pangkat dan golongan.

“Jadi itu dilakukan penataan kemudian juga melakukan perencanaan anggaran untuk APBD perubahan tahun 2022 dan APBD induk tahun 2023. Itu semua dua tugas tambahan kegiatan khusus ini yang harus ada persetujuan dari kemendagri,” ujarnya.

Gomar menuturkan, ia telah melakukan banyak diskusi dan mendengar secara langsung masukan dari para perwakilan masyarakat.

“Cukup banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di Mappi setelah berdiskusi dan mendengar secara langsung saran dan masukan dari para perwakilan tokoh masyarakat, adat, kepala suku,” ungkapnya.

“Yang pasti ada dukungan dan juga kerjasama dari tokoh masyarakat, stakeholder, forkopimda dan juga dari DPRD Kabupaten Mappi,” pungkasnya.

 

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.