DKLH Papua Gandeng GKI Waibu Moi Tanam 2.000 Pohon Selamatkan Cagar Alam Cycloop

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan Jemaat di Klasis GKI Waibu Moi. (Foto: Firga/Seputarpapua)
Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan Jemaat di Klasis GKI Waibu Moi. (Foto: Firga/Seputarpapua)

JAYAPURA | Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, Klasis GKI Waibu Moi bersama Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua melakukan penanaman 2.000 pohon di Halaman Kantor Klasis GKI Waibu Moi, Rabu (28/2/2024) siang.

Aksi penanaman ini juga dalam rangka menyambut HUT YPK ke-62 tahun di Tanah Papua yang jatuh pada 8 Maret mendatang.

Ketua Klasis GKI Waibu Moi, Pendeta Billy Hokoyoku menyampaikan, penanaman pohon merupakan komitmen mereka dalam menyelamatkan cagar alam Cycloop dan danau Sentani.

Advertisements

“Pohon yang kami tanam ini bagian dari komitmen kami untuk ikut menyelamatkan danau Sentani dan cagar alam Cycloop yang menjadi penyuplai kebutuhan masyarakat di Sentani. Nantinya pohon yang ditanam ini akan menghasilkan air untuk kebutuhan kita juga,” katanya kepada wartawan usai penanaman pohon.

Selain penanaman pohon, Pendeta Billy Hokoyoku juga mengajak umat untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarang karena sampah yang dibuang nantinya masuk ke danau Sentani dan mencemari danau Sentani,” ujarnya.

“Contoh di Sentani Timur, itu danaunya sudah tercemar dengan limbah, sehingga perlu komitmen bersama menjaga lingkungan khususnya danau Sentani,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala DKLH Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray mengatakan kepedulian Klasis GKI Waibu Moi terhadap lingkungan, sejalan dengan program Dinas Lingkungan Hidup untuk menjaga cagar alam Cycloop dan danau Sentani.

“Ini adalah inisiatif dari mereka (Klasis GKI Waibu Moi) sehingga kami memberikan dukungan penuh karena sejalan dengan program Pemprov Papua untuk penyelamatan cagar alam Cycloop dan danau Sentani, sehingga kami menyiapkan bibit untuk ditanam,” jelasnya.

Ia berharap agar aksi penanaman pohon ini bisa diikuti seluruh umat di wilayah Klasis GKI Waibu Moi, sehingga umat berkontribusi dalam penyelamatan cagar alam Cycloop.

Advertisements

“Harapan kita semoga penanaman pohon ini bisa dilakukan di 19 jemaat yang ada di Klasis GKI Waibu Moi, karena penyelamatan lingkungan itu bukan hanya tanggung jawab satu pihak, tapi semua masyarakat,” pesannya.

Menurutnya, satu pohon yang ditanam akan memberikan kehidupan bagi manusia.

Advertisements

“Satu pohon itu bisa memberikan kehidupan bagi manusia. Jadi mari kita dukung upaya menjaga alam karena kita jaga alam, alam jaga kita,” pungkasnya.

 

penulis : Firga
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *