DPMPTSP Mimika Terbitkan 3.583 Izin Selama 2021, SIUP Paling Banyak

Kepala DPMPTSP Timika, Willem Naa (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala DPMPTSP Timika, Willem Naa (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Mimika telah menerbitkan sebanyak 3.583 Perizinan dan Non Perizinan sepanjang tahun 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kepada DPMPTSP Mimika Willem Naa saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/1/2021).

Dijelaskan, ada 70 poin jenis izin melalui DPMPTSP. Izin yang paling banyak dikeluarkan adalah 887 Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), diikuti 795 Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), 679 Surat Izin Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL) dan beberapa izin lainnya.

“Setiap tahun ada peningkatan, jadi izin itu ada yang perpanjang ada pula yang buat baru,” kata Willem.

Ia mengatakan, tahun 2022 semua yang mau mengurus ijin tidak lagi secara manual namun terintegrasi secara elektronik melalui Online Single Submission (OSS).

“Sekarang ijin tidak berbelit belit, jika dokumennya sudah lengkap hari itu juga bisa ijinnya keluar,” ujarnya.

Tahun ini juga pihaknya akan gencar memberikan sosialisasi mengenai perubahan izin lingkungan.

“Intinya perubahan izin lingkungan itu akan semakin mempermudah pengurusan izin, misalnya usahanya yang besar dan menimbulkan limbah yang bahaya dan banyak, maka harus mengikuti prosedur hingga UKL UPL, sementara kalau usaha yang tidak menimbulkan dampak lingkungan maka langsung saja diberikan ijin,” jelasnya. .

Menurutnya, semua telah disetting oleh Pemerintah agar kepengurusannya tidak berbelit belit. 

“Jadi nanti semua ditempatkan di sini, di dinas lingkungan dan bappenda nanti ada di kantor pelayanan satu pintu agar mempermudah proses, namun saat ini dengan melalui aplikasi OSS, semua juga semakin dipermudah,” ujarnya.

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.