Futsal Putra Papua Tengah Tekuk Papua Selatan 5-3, Papua Pegunungan Melengang ke PON XXI

Futsal Putra Papua Tengah Tekuk Papua Selatan 5-3, Papua Pegunungan Melengang ke PON XXI
Pemain Papua Tengah saat melakukan tendangan ke arah gawang Papua Selatan pada lanjutan Babak Kualifikasi Cabang Olahraga Futsal Putra PON XXI 2024 khusus Daerah Otonomi Baru (DOB), yang digelar di GOR Futsal Mimika, Papua Tengah, Sabtu (27/1/2024). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Laga seru terjadi di pertandingan lanjutan Babak Kualifikasi Cabang Olahraga Futsal Putra PON XXI 2024 khusus Daerah Otonomi Baru (DOB) yang mempertemukan tuan rumah Papua Tengah melawan Papua Selatan di GOR Futsal Timika, Kabupaten Mimika, Sabtu (27/1/2024).

Laga tersebut berlangsung panas, karena
dari perolehan poin Papua Selatan hanya butuh hasil imbang, sementara tuan rumah harus menang dengan mencetak lebih dari banyak gol dengan minim kebobolan, untuk mengejar selisih gol dan bisa meraih satu tiket ke PON XXI Aceh-Sumater Utara (Sumut) 2024.

Tim tuan rumah yang memakai kostum putih langsung menekan sejak awal pertandingan. Hasilnya mereka langsung unggul saat pertandingan baru 2 menit berjalan melalui sepakan Jones Awom, 1-0 untuk tuan rumah.

Faktor kelelahan sepertinya cukup mempengaruhi Papua Selatan setelah kemarin baru saja melawan Papua Pegunungan.

Pada menit ke-12 pemain Papua Tengah Aril yang pada pertandingan pertama mencetak gol menunjukan tajinya setelah tendangan bebasnya di sisi kiri pertahanan Papua Selatan menghujam deras ke dalam gawang yang dijaga Muh. Abdi Maulana, 2-0 Papua Tengah menambah kedudukan.

Papua Tengah yang unggul kondisi fisik setelah dua hari tanpa pertandingan kembali menjauh 8 menit jelang babak pertama usai. Sontekan Yance Parera memanfaatkan umpan rekan setimnya membuat Papua Tengah unggul 3-0.

Jones menambah keunggulan Papua Tengah menjadi 4-0 pada menit ke-15, setelah memanfaatkan bola pantulan dari tendangan Yance yang berhadapan satu lawan satu dengan Abdi. Bola yang tidak berhasil dibendung dengan baik oleh Abdi, dimanfaatkan Jones dengan baik, berdiri bebas, ia menyontek bola ke gawang kosong.

Papua Selatan yang tertinggal 4 gol mencoba untuk mengejar hasilnya, Leopold G Elmas pada menit ke-18 membuat mereka menipiskan jarak menjadi 4-1.

Tensi pertandingan yang panas nampak juga mempengaruhi official tim Papua Selatan yang melakukan protes keras terhadap wasit jelang babak pertama usai, skor tetap tidak berubah hingga babak pertama usai. 4-1 tuan rumah unggul.

Pada babak kedua, Papua Selatan langsung tampil menyerang demi mengejar ketertinggalan 3 gol, hasilnya 2 menit berjalan Benja mengetarkan gawang tuan rumah, 4-2 Papua Selatan mengejar.

Menekan sepanjang pertandingan berjalan Papua Selatan justeru kebobolan lagi, tuan rumah menjauh menjadi 5-2 setelah sepakan keras Heston pada menit ke-31, gagal dibendung Abdi Maulana.

Papua Selatan yang mengejar hasil imbang memainkan strategi power play atau mengganti kiper dengan seorang pemain depan 5 menit jelang babak kedua usai.

Usaha Papua Selatan pun akhirnya membuahkan hasil 1 menit jelang babak kedua usai, saat Dion P.A. Teujoarubun mencetak gol, 5-3 tuan rumah masih unggul hingga babak kedua usai.

Berdasarkan hasil ini, Papua Pegunungan berhak lolos ke PON XXI Aceh-Sumut 2024 karena selisih gol plus 3 setelah berhasil memasukan total 11 gol sementara kebobolan hanya 8, meskipun poin seluruh tim sama yakni 3.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *