Gelar Safari Ramadan, Kapolda Harapkan Papua Jadi Contoh Toleransi Umat Beragama

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri memberikan sambutan saat mengelar Safari Ramadan di Aula Obhe Reay May. (Foto: Humas Polda Papua)
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri memberikan sambutan saat mengelar Safari Ramadan di Aula Obhe Reay May. (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menggelar kegiatan Safari Ramadan 1445 H dengan mengunjungi Aula Obhe Reay May dan Masjid Al-Amin Polres Jayapura, Papua, pada Kamis, 28 Maret 2024.

Kegiatan Safari Ramadan dalam suasana berbuka puasa bersama, bertujuan untuk terus mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat Papua, diharapakan dapat terjalin tali silaturahmi yang membawa manfaat keberkahan dunia dan akhirat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Ny. Eva Mathius Fakhiri beserta pengurus, para Pejabat Utama (PJU) Polda Papua, para Kapolres, Forkopimda, personel Polres Jayapura, pengurus Bhayangkari cabang Jayapura, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Perempuan di wilayah Kabupaten Jayapura, serta Jamaah Masjid Al-Amin Polres Jayapura.

Kapolda Papua dalam kesempatan itu menyampaikan, rasa syukurnya atas kedamaian yang masih terjaga di Papua. Ia pun menekankan peran tokoh masyarakat dalam menjaga kedamaian yang memungkinkan program pemerintah berjalan lancar.

Dalam kunjungannya itu, Kapolda melihat secara langsung keragaman dan toleransi yang tinggi di Papua. Hal ini tercermin saat melaksanakan sholat tarawih, di mana pengamanan dilakukan oleh pemuda dari berbagai latar belakang agama.

“Kami menekankan pentingnya memupuk toleransi dan kerjasama antar umat beragama. Papua diharapkan dapat menjadi contoh bagi Indonesia dalam hal toleransi antar umat beragama,” ucap Kapolda dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Jumat (29/3/2024).

Selain membangun hubungan dengan masyarakat, Kapolda mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Jayapura atas pertemuan dengan Dewan Adat Suku (DAS).

Pertemuan tersebut, kata Kapolda diharapkan dapat memperkuat hubungan dan mendukung upaya pembangunan serta penegakan hukum di Papua.

Ia pun mengingatkan, akan pentingnya restoratif justice dalam menyelesaikan masalah hukum di Papua. Evaluasi terus dilakukan untuk memperbaiki pendekatan tersebut agar terwujud kedamaian yang diinginkan bersama.

“Selain itu, kami juga menyampaikan rencana penerimaan 2.000 Bintara Polri dengan kuota khusus bagi anak-anak Papua. Hal ini diharapkan dapat memberikan peluang kepada generasi Papua untuk berkontribusi dalam keamanan dan penegakan hukum di daerahnya sendiri,” ujar Kapolda.

Dengan kerjasama dan kebersamaan yang terus dijaga, Kapolda berharap, Jayapura dapat berkembang menjadi Kota Metropolitan di Tanah Papua serta menjadi contoh bagi Kabupaten-kabupaten lain di wilayah tersebut.

“Mari terus bergandengan tangan membangun kebersamaan dan memperkokoh tali silaturahmi, semoga Papua selalu mendapatkan berkah dan keberkahan dari Tuhan,” tuturnya.

penulis : Arifin Lolialang
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *