HUT ke-79 RI, Freeport Beberkan Kontribus Rp 41 Triliun, Rp 9 Triliun Lebih untuk Papua di Tahun 2023

Ilustrasi Tambang PTFI
Ilustrasi Tambang PTFI

TIMIKA, Seputarpapua.com | PT Freeport Indonesia menyebut telah berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia secara nasional melalui penerimaan negara.

Hal tersebut disampaikan Vice President Papuan Affairs PTFI Soleman Faluk saat memimpin upacara HUT ke-79 RI yang digelar PT Freeport Indonesia khusus karyawannya di dataran rendah. Upacara terpusat di Alun-alun Kuala Kencana pada Sabtu (17/8/2024).

Soleman memaparkan, kegiatan pertambangan PTFI turut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Di tahun 2023, PTFI mengklaim mampu mencatatkan angka manfaat langsung terhadap penerimaan negara sebesar US$ 2.7 miliar atau sekitar Rp 41 triliun dalam bentuk pajak, royalti, dividen, serta pembayaran lainnya, dimana Rp 9,1 triliun diantaranya berupa manfaat langsung yang diterima Papua.

“Sementara, angka manfaat tidak langsung PTFI untuk Indonesia di tahun 2023 mencapai 4,7 miliar dollar atau sekitar 70 triliun rupiah, dalam bentuk pembayaran gaji karyawan, pembelian dalam negeri, pengembangan masyarakat, pembangunan daerah, dan investasi dalam negeri,” ungkapnya.

Sementara di tahun 2024, proyeksi manfaat langsung terhadap penerimaan negara adalah sebesar 5,6 miliar dollar atau hampir Rp90 triliun, dimana termasuk di dalamnya sejumlah Rp 10 triliun akan diterima oleh Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah serta Kabupaten lainnya di Papua Tengah.

“90 Triliun rupiah bagi negara berarti sama dengan setiap karyawan keluarga besar Freeport Indonesia memberikan kontribusi kepada negara sebesar 3 miliar,” tuturnya.

Hal itu dapat dilakukan karena kerja sama harmonis antara seluruh elemen yang ada di dalam PTFI dengan Sincere sebagai core value.

“Sesuai dengan tema yang kita tetapkan pada ulang tahun PTFI yang ke 57 tahun ini. “Terus Berkarya untuk Indonesia”. tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan