Jelang Paskah di Mimika, Unit Jibom Dilibatkan Sterilisasi Area Gereja

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kabag Ops Polres Mimika, AKP Roberth Hitipeuw. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Kabag Ops Polres Mimika, AKP Roberth Hitipeuw. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Menjelang perayaan Paskah 2021, Polres Mimika, Papua, akan melibatkan unit penjinak bom (Jibom) dari Satuan Brimob Batalyon B guna melakukan sterilisasi pada sejumlah gereja yang akan melaksanakan ibadah.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Mimika, AKP Roberth Hitipeuw mengatakan, pihaknya akan meminta kepada Satuan Brimob Batalyon B khususnya unit Jibom, melakukan sterilisasi pada gereja-gereja yang akan melaksanakan sejumlah rangkaian ibadah perayaan Paskah.

Rencana sterilisasi area gereja itu, kata AKP Roberth, lebih difokuskan pada gereja-gereja besar di Mimika. Sebab, proses sterilisasi tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga tidak memungkinkan petugas Jibom mengcover seluruh gereja di Mimika.

Namun untuk gereja-gereja kecil, petugas akan melakukan upaya pengecekan yang akan dilakukan oleh anggota yang bertugas mengamankan di area gereja tersebut.

“Dalam menetralisir gereja itu, dia butuh waktu 1 sampai 2 jam. Kita upayakan sebelumnya itu bisalah semua tercover. Kalau seandainya tidak tercover, nanti anggota kita yang pam (pengamanan) disitu dia mendahului untuk pengecekan,” katanya, Selasa (30/3/2021).

Usai proses sterilisasi dilakukan pada satu gereja, umat tidak diperbolehkan ada yang masuk hingga tiba waktu pelaksanaan ibadah. Anggota pun akan ditempatkan pada gereja-gereja tersebut untuk melakukan penjagaan.

“Anggota langsung stand by disitu, dan tidak ada yang boleh masuk sampai jam ibadah dimulai,” jelasnya.

Proses ini dilakukan Polres Mimika guna mengantisipasi hal-hal yang dapat menganggu jalannya pelaksanaan perayaan Paskah 2021 di Kabupaten Mimika.

Berita Terkait
Baca Juga