Kapolda Papua Pimpin Aksi Penanaman 500 Bibit Pohon Berbagai Jenis di Kabupaten Sarmi

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri saat menanam bibit pohon di Kampung Yamna, Distrik Pantai Timur, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, Rabu (23/8/2023). (Foto: Humas Polda Papua)
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri saat menanam bibit pohon di Kampung Yamna, Distrik Pantai Timur, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, Rabu (23/8/2023). (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Masih dalam rangka memperingati HUT ke 78 Republik Indonesia (RI), Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri bersama jajaran Pejabat Utama (PJU) Polda Papua dan Forkopimda Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, melaksanakan aksi penanaman 500 bibit pohon berbagai jenis secara serentak, Rabu (23/8/2023).

Penanaman berbagai jenis bibit pohon ini dilakukan di kampung Yamna, Distrik Pantai Timur yang dipimpin langsung Kapolda Papua.

Turut hadir Pj Bupati Sarmi Markus O. Masnembra, Plt Sekda Kabupaten Sarmi Agus Festus Moar, Ketua DPRD Kabupaten Sarmi Jumriati, serta tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pemuda kabupaten Sarmi.

Advertisements

Kapolda menyampaikan bahwa kegiatan penanaman bibit pohon ini merupakan bagian dari aksi serentak yang dilakukan di seluruh Indonesia.

Di Makopolda Papua sendiri, penanaman bibit pohon dipimpin oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol Ramdani Hidayat, sementara Kapolda bersama Forkopimda Kabupaten Sarmi melaksanakan aksi penanaman di kampung Yamna.

“Kami berharap para Kapolres dapat mengambil contoh dari Kapolres Jayapura, yang mewajibkan anggotanya menanam pohon sagu bagi yang telah menikah. Langkah ini memiliki manfaat jangka panjang yang luas bagi lingkungan,” kata Kapolda.

Kapolda menekankan pentingnya menjaga hutan dan lingkungan alamiah untuk dapat diwariskan kepada generasi mendatang, seperti tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu ‘Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini’.

Di kesempatan ini Kapolda menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas partisipasi semua pihak yang turut hadir dalam aksi penanaman ratusan bibit pohon.

Adapun 500 bibit pohon yang ditanam di kampung Yamna yaitu 200 bibit pohon Mangrove, 200 bibit pohon Bintanggor, dan 100 bibit pohon Cemara.

Dengan dilakukan kegiatan penanaman bibit pohon ini Kapolda berharap tidak hanya menjadi simbol peringatan HUT ke 78 Republik Indonesia, tetapi juga langkah nyata dalam menjaga dan melestarikan lingkungan alam serta keanekaragaman hayati di wilayah Papua dan sekitarnya.

Advertisements
penulis : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *